Varietas Cabai Besar Unggul

foto: www.economy.okezone.com

Cabai besar merupakan salah satu tipe cabai yang banyak diusahakan di lahan luas maupun pekarangan. Beberapa varietas cabai besar yang cocok di lahan luas, greenhouse, dan pekarangan, seperti varietas IPB CH3, Gada, Gada MK, Imperial 10, Anies IPB, dan seloka IPB bisa menjadi pilihan. Selain itu, varietas cabai besar lain yang sudah dirilis oleh Menteri Pertanian dapat juga digunakan baik di lahan luas maupun di lahan pekarangan.

Varietas cabai besar IPB CH3

Varietas IPB CH3 adalah varietas unggul hibrida yang dihasilkan Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB. Varietas ini telah dirilis oleh Menteri Pertanian tahun 2010. Keunggulan varietas IPB CH3 adalah produktivitas tinggi dengan potensi hasil 1,11 kg per tanaman. IPB CH3 mempunyai umur panen lebih cepat (70-80 HST). IPB CH3 mempunyai bobot, panjang dan diameter buah sesuai dengan kelas Mutu I menurut standar SNI. IPB CH3 mempunyai tingkat kepedasan tinggi, yaitu 400 x (kadar capsaicin 377,66 ppm. Daya simpan buah pada suhu 27-28⁰C adalah 11-13 hari setelah panen. IPB CH3 mempunyai tingkat stabilitas tinggi dan digolongkan dalam stabilitas dinamis. Varietas ini sangat adaptif terhadap lingkungan optimum.

Varietas cabai besar Gada F1

Varietas ini cocok ditanam di dataran rendah. Tanaman cabai ini memiliki vigor yang baik dan bertajuk padat. Varietas Gada banyak ditanam di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur yang meliputi Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Keunggulan varietas Gada, di antaranya toleran layu bakteri, umur panen genjah, buah tahan simpan selama 4-6 hari, dan produktivitas tinggi (1 kg/tanaman). Panen pertama tanaman yang memiliki tinggi 80 cm ini adalah 8 HST. Warna buahnya yang matang yaitu merah cerah dengan kulit buah berlekuk dan semimengilap. Panjang buah cabai 17 cm, diameter 1,7 cm, dan bobot 12,5 g/buah. Varietas ini baik untuk industri saus.

Varietas cabai Imperial 10 F1

Varietas ini cocok untuk industri saus. Produktivitasnya tinggi dengan potensi hasil dapat mencapai 31-40 ton/ha. Varietas ini dapat ditanam pada musim hujan dan kemarau serta dapat beradaptasi dengan baik di dataran rendah. Panjang buahnya sekitar 14,37-16,17 cm dengan diameter 1,19-1,34 cm. Ciri utama varietas ini adalah mahkota bunga berwarna putih dengan bercak ungu dan buah muda berwarna hijau muda.

Varietas cabai besar Gada MK F1

Varietas ini beradaptasi dengan baik di dataran rendah. Umur panen pertama sekitar 80 hari setelah tanam. Ukuran panjang buah 16,63-17,08 cm dan diameter 1,69-1,75 cm dengan tinggi tanaman 100-120 cm. Warna buah ketika masak berwarna merah cerah dengan bobot 15,9-16,3 g per buah. Jumlah buah per tanaman sebanyak 86-93 buah. Bobot buah per tanaman mencapai 1,36-1,51 kg. Daya simpan buah sekitar 6-7 hari setelah panen pada kisaran suhu 25-30⁰C.

Varietas cabai besar Anies IPB

Keunggulan varietas cabai Anies IPB adalah produktivitas tinggi dengan potensi hasil 1 kg per tanaman. Produktivitas ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan potensi varietas bersari bebas yaitu 500 g/tanaman. Cabai Anies mempunyai bobot, panjang, dan diameter buah sesuai dengan kelas Mutu I menurut standar SNI serta bentuk buah agak lurus, ujung buah agak melengkung dan permukaan buah agak berkerut. Selain itu, keunggulan varietas ini adalah umur panen genjah dan tingkat stabilitas tinggi. Varietas ini dapat beradaptasi baik di dataran rendah.

Varietas cabai besar Seloka IPB

Keunggulan varietas cabai Seloka IPB adalah produktivitas tinggi dengan potensi hasil 923,19 g/tanaman. Produktivitas ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan potensi varietas bersari bebas yaitu 500 g/tanaman. Cabai Seloka IPB mempunyai bobot, panjang dan diameter buah sesuai dengan kelas Mutu I menurut standar SNI serta bentuk buah lurus dan permukaan buah licin. Selain itu, varietas ini berumur genjah yang dapat dipanen pada umur 65 HST (rata-rata umur panen cabai adalah 75 HST). Varietas ini dapat beradaptasi baik di dataran rendah hingga dataran medium. (ms/ry/rd)

 

Sumber: Buku “Budidaya Cabai Panen Setiap Hari”

Penulis: Prof. Dr. Ir. Muhamad Syukur, SP, MSi, Dr. Rahmi Yunianti, SP, MSi dan Rahmansyah Dermawan, SP, MSi

 

Sebelumnya: Karakter Cabai Unggul

Selanjutnya: Varietas Cabai Keriting Unggul

Selangkapnya: Panduan Budi Daya Cabai

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *