Tips Dalam Memilih Bibit Sapi Potong Yang Unggul

Tips Dalam Memilih Bibit Sapi Potong Yang Unggul

Usaha ternak sapi merupakan salah satu yang banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia, khususnya ternak sapi potong, kenapa demikian? sebab kebutuhan masyarakat akan daging sapi terus mengalami peningkatan, itu pun kadang sering terjadi keterlambatan pemasokan sebab stok sapi dilapangan kurang mencukupi sehingga langkah yang harus diambil dengan mendatangkan sapi dari luar negeri. Sebenarnya bila memang diupayakan dengan baik kita tidak harus melakukan import sapi karena dengan sumber daya yang kita miliki saat ini pasti bisa mencukupi kebutuhan akan daging sapi. Namun itu semua tidak mudah untuk dilakukan sebab butuh waktu yang tidak singkat agar semua itu bisa terlaksana, agar semua itu bisa tercapai seharusnya bisa dimulai dengan melakukan hal-hal kecil seperti memilih bibit sapi potong, ini merupakan hal penting karena sapi yang nantinya memiliki bobot yang bagus pasti dari bibit yang memiliki kualitas unggul.

Dalam memilih bibit sapi potong harus dilakukan secara tepat agar nantinya bibit tersebut akan berpengaruh pada hasil produksi penggemukan sapi yang dikelola, bila hasil produksi dari penggemukan sapi ini berjalan maksimal pastinya akan sesuai dengan permintaan pasar, baca juga artikel tentang cara menggemukkan sapi dengan pakan alternatif. Tidak jarang peternak sapi yang berhasil dengan usaha ternak sapi potong sebab selisih antara harga beli bibit dan harga jualnya nanti lumayan besar sehingga akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar juga, apalagi bila sudah memiliki usaha ternak sapi yang besar pasti keuntungan yang didapat akan jauh lebih besar, mungkin bagi para peternak sapi yang sudah lama malang melintang didunia ternak sapi sedikit banyak sudah tahu bagaimana memilih bibit yang bagus, namun bila kalian baru memulai atau bahkan baru akan mencoba usaha ternak sapi potong pasti akan sedikit kesulitan baik itu perawatannya atau memilih bibit yang akan digemukkan, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang memilih bibit yang bagus untuk sapi potong, diantaranya :

Tips dalam memilih bibit sapi potong yang unggul

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membedakan jenis kelamin bibit yang akan dipilih.
  • Setelah itu kalian harus memperhatikan proporsi badan bibit mulai dari samping, depan, belakang, dan seluruh badannya.
  • Kalian bisa memilih bibit dengan kepala yang terlihat besar namun bisa seimbang dengan tubuhnya.
  • Selain itu sebaiknya memilih bibit sapi yang lehernya kuat, besar, tebal serta bergelambir.
  • Perhatikan juga punggungnya, sebaiknya memilih sapi yang punggungnya lurus sejajar serta tidak bengkok atau melengkung.
  • Mulut sapi tersebut terlihat datar.
  • Perhatikan juga perut dan tulang rusuknya, sebaiknya pilih sapi yang tulang rusuknya tidak melengkung kedalam karena itu artinya sapi akan terlihat seperti kurang berisi.
  • Pastikan juga bahwa sapi jantan yang akan dipilih memiliki 2 testis dan yang betina memiliki 4 buah puting.
  • Kaki terlihat normal, tidak cacat dan tidak pincang.

Demikianlah informasi tentang memilih bibit sapi potong, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Sumber

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *