Tekonologi Hidroponik: Sayuran Sehat, Bersih dan Bebas Residu Pestisida.

Tekonologi Hidroponik: Sayuran Sehat, Bersih dan Bebas Residu Pestisida.

Bogor – Daqu Agrotechno mengembangkan teknologi hidroponik sebagai model budidaya tanaman hortikultura (sayuran). Dengan teknologi ini sayuran yang dihasilkan adalah sayuran sehat, bersih dan bebas residu pestisida. Teknologi hidroponik yang digunakan adalah Teknologi Hdroponik Sistem terapung (THST).

Keunggulan sistem hidroponik ini adalah tidak menggunakan listrik (hemat energi); hemat tenaga kerja karena tidak membutuhkan banyak tenaga perawatan; penggunakan input yang efektif dan efisien.

Dengan memanfaatkan ruangan yang ada di perkatoran atau gedung atas, Daqu Agrotechno membangun instalasi hidroponik dengan ukuran 4 x 1 m2 yang terdiri dari 4 pipa ukuran 4,5 inci sebanyak 4 buah. Setiap meter pipa tersebut bisa ditanami sebanyak 7 lubang tanaman. Setiap lubang tanam disertaai dengan pot-pot kecil sebagai tempat tumbuh tanaman yang tersambung ke pipa yang mengandung cairan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Selain dari ipa, media tanam juga dibuat dari Styrofoam dan bak terpal.

Instalasi hidroponik ini dibangun sebagai model percontohan untuk kemudian dikembangkan di wilayah-wilayah program Daqu Agrotechno di berbagai wilayah. Selain itu, pihak lain bisa juga mempelajaarinya dan mengikuti pelatihan hidroponik sebagaimana yang telah dibangun oleh daqu Agrotechno. (dip)hidroponik bogor

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *