Teknis Penanaman Bibit Jamur Tiram kedalam Baglog

Teknis Penanaman Bibit Jamur Tiram kedalam Baglog

Daqu Agrotechno akan berbagi tips untuk melakukan penanaman bibit jamur tiram kedalam baglog, hal ini dikarenakan banyaknya pertanyaan mengenai pembibitan, oleh karena itu kami akan membagi tips and triknya, lets check this out :

  • Penanaman bibit dilakukan dengan membuka bagian atas baglog yang telah disterilkan. Hamparkan 1-2 sendokteh bibit jamur F2. Gunakan sendok/gunting/pisau stainless yang telah dipanaskan diatas api spirtus atau alkohol, rapatkan kembali plastik bagian atas.
  • Masukkan cincin dari PVC atau ring plastik berdiameter 3 cm dan tinggi 1 cm kedalam plastik yang dirapatkan tersebut. Isi lubang yang terbentuk dengan kapas yangtelah dipanaskan dengan api spirtus.
  • Jika kita akan menyimpan log di dalam bangunan maka masa tanam jamur tiram tidak diatur oleh kondisi iklim dan dapat dilakukan setiap saat. Log yang sudah ditanami bibit harus disimpan di tempat yang menunjang pertumbuhan miselium dan tubuh buah. Bangunan untuk menyimpan log dapat dibuat permanen untuk budidaya jamur skala besar atau di dalam bangunan semi permanen.
  • Sebelum polybag dimasukkan, seharusnya didalam kumbung jamur sudah disterilkan dengan cara lantai ditaburi kapur dan insektisida. 1–2 hari kemudian polybag dimasukkan ditata rapi dilantai untuk menumbuhkan miselium. Setelah ±1/2-3/4 bagian permukaan media ditumbuhi oleh miselium jamur, maka polybag siap disusun dengan rak sederhana yang terbuat dari bambu dengan posisi tidur dan tumpuan diatur bolak–balik. Kemudian dibuat lubang pada ujung polybag (dekat tutup) dengan cara menyobek plastik polybag.
  • Kondisi lingkungan yang harus diperhatikan dalam bangunan penyimpanan

adalah:

  1. Temperatur untuk pembentukan miselium adalah 23-28° C
  2. Temperatur ideal untuk pembentukan tubuh buah adalah 13-15° C
  3. Kelembaban udara sekitar 90%
  4. Kadar air log 35-45%
  5. Udara di dalam tidak tercemari asap/gas.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang jamur tiram, Anda dapat mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram di P3JT Daqu Agrotechno. Untuk Infonya ada disini.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *