Tebar Benih Ikan Nila Akino di Laboratorium Perikanan Terpadu Daqu Agrotechno

Tebar Benih Ikan Nila Akino di Laboratorium Perikanan Terpadu Daqu Agrotechno

(21/08/2017) Pagi itu sang surya belum terlihat bersinar sempurna karena masih tertutup awan, namun tim Daqu Agrotechno sudah bersiap-siap di Laboratorium Perikanan Terpadu, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, untuk melakukan tebar benih ikan sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan dalam Program Pengolahan Lahan Sedekah Produktif. Benih ikan yang ditebar adalah benih ikan nila akino.

Berdasarkan sistem klasifikasi makhluk hidup, ikan bernama latin Oreochromis niloticus ini digolongkan ke dalam:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Osteichtyes
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Oreochromis
Spesies: Oreochromis niloticus
Nama latin: Oreochromis niloticus

Ikan nila ini berkerabat dengan mujair (Oreochromis mossambicus), sebagaimana kerabatnya itu, ikan nila juga memiliki potensi sebagai ikan yang invasif apabila terlepas ke badan-badan air alami. Genus Oreochromis memiliki kemampuan adaptasi dan toleransi yang tinggi terhadap kualitas air pada kisaran yang lebar. Anggota-anggota genus ini dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrem sekalipun karena sering ditemukan hidup normal pada habitat-habitat dimana jenis ikan air tawar lainnya tidak dapat hidup. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan mengapa tim Daqu Agrotechno memilih benih ikan nila akino sebagai benih ikan yang ditebar pada hari ini.

Benih ikan nila akino tengah bersiap untuk unjuk gigi dalam kegiatan tebar benih ikan (21/8). (DAQU AGROTECHNO FOTO/Refi Anwar)

Sekitar 10.000 benih ikan nila akino sudah berada di lokasi sejak kemarin. Diberikan tenggang waktu satu hari agar benih ikan dapat beristirahat dan beradaptasi terlebih dahulu sebelum akhirnya dilepaskan ke kolam yang berukuran lebih luas.

Kenampakan benih ikan akino dari dekat (21/8). (DAQU AGROTECHNO FOTO/Refi Anwar)

Pak Husin selaku perwakilan dari Daqu Agrotechno dan Kang Rahmat selaku pengelola melakukan tebar benih ikan pada pukul 9.30 WIB. Bukan hanya Pak Husin dan Kang Rahmat saja yang menebarkan benih, sejumlah santriwati Tahfizh Camp Daarul Qur’an pun terlihat sangat antusias turut berpartisipasi dalam kegiatan penebaran benih ikan ini. Wah.. Ternyata selain mahir dalam menghafal dan mentadabburi isi Alquran, para santriwati ini mahir juga ya dalam menebarkan benih ikan.

Sejumlah santriwati Tahfizh Camp Daarul Qur’an ikut menebarkan benih ikan ke kolam (21/8). (DAQU AGROTECHNO FOTO/Refi Anwar)

Semoga benih ikan nila akino yang ditebar pada hari ini di laboratorium perikanan terpadu Daqu Agrotechno dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya serta dapat bertumbuh dengan baik menjadi ikan nila dewasa yang berukuran besar, sehat dan mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita ya. (rm)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *