Syarat Tumbuh Mentimun

Syarat Tumbuh Mentimun

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman mentimun tidak terlepas dari faktor lingkungan yang meliputi iklim dan tanah pada kondisi lingkungan yang sesuai, tanaman mentimun dapat tumbuh dengan baik dan berproduksi  optimal.  Tanaman mentimun dapat tumbuh baik dari dataran rendah hingga dataran tinggi (200- 800 m dpl).

1. Iklim

Tanaman mentimun mempunyai daya adaptasi yang cukup luas sehingga dapat ditanam di daerah pada ketinggian 200 – 800 m dpl.  Namun tanaman mentimun dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang ketinggian 400 m dpl (di atas permukaan laut).  Lahan tidak terlindungi bangunan atau pohon besar.

Selama pertumbuhannya, tanaman mentimun memerlukan iklim kering, cukup mendapatkan sinar matahari, ditanam di tepat terbuka dengan temperatur optimum 21 C – 30 C. Sedangkan untuk proses perkecambahan benih dibutuhkan suhu optimal antara 25 C – 35 C.  Kelembapan udara yang dikehendaki tanaman mentimun agar hidup baik berkisar 80-89 %.  Pada kelembapan udara yang tinggi selama beberapa waktu akan mendorong berkembangnya penyakit.

Selama pertumbuhan tanaman, kebutuhan curah hujan optimal pada tanaman mentimun antara 200 – 400 mm/bulan, curah hujan yang terlalu tinggi akan mengganggu pertumbuhan tanaman, apalagi pada saat tanaman berbunga dapat menggugurkan bunga (Sumpeno, 2001).

2. Tanah

Pada umumnya tanaman mentimun dapat ditanam pada hampir semua jenis tanah.  Meskipun demikian untuk mendapatkan produksi tinggi dengan kualitas baik dibutuhkan anah yang subur, gembur, mengandung cukup bahan organik, tidak menggenang, dan Ph tanah antara 6-7.  Drainase yang kurang baik akan menghambat pertumbuhan tanaman, bahkan akan merangsang berkembangnya penyakit. (W/BS).

 

Sumber : Buku “BERTANAM MENTIMUN Dimusim Kemarau & Musim Hujan”

Penulis  : Warsana, SP., M.Si dan Ir. Budi Samadi

 

Artikel Sebelumnya        : Manfaat Mentimun

Artikel Selengkapnya     : Bertanam Mentimun

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *