Sterilisasi Peralatan Dalam Budidaya Jamur Tiram

Sterilisasi Peralatan Dalam Budidaya Jamur Tiram

Sterilisasi peralatan bisa dilakukan dengan cara pemanasan kering maupun basah.  Misalnya saja wadah botol, gelas, logam.  Pemanasan kering dilakukan dengan cara menaruh wadah atau gelas ke dalam oven yang bersuhu tinggi selama jangka waktu tertentu.  Untuk pemasangan kering, wadah atau gelas harus dalam keadaan benar-benar kering sebelum dimasukkan ke oven.  Pasalnya, bila wadah masih dalam kondisi basah bisa mengakibatkan pecah.

Pemanasan basah, biasanya dipakai autoklaf pada tekanan 1 atmosfer (atm) dengan suhu dan waktu tertentu.  Angka suhu dan waktu tertentu.  Agak suhu yang dipakai untuk pemanasan biasanya pada suhu 121 derajat Celcius selama 15 menit atau 115 derajat Celscius selama 30 menit.

Cara sterilisasi pembakaran biasanya diperuntukkan peralatan yang terbuat dari logam seperti jarum inokulasi, pinset, pisau.  Alat-alat logam itu dipanaskan sampai membara.

Untuk wadah gelas yang telah disterilisasi di dalam autoklaf, ketika dipakai, dilakukan sterilisasi lagi di bagian ujung mulut wadah dengan cara pemanasan beberapa saat.  (YIN).

Sumber : Buku “Sukses Budidaya Jamur Tiram”

Penulis  : Yusnu Iman Nurhakim

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *