Sterilisasi Media Tanam Jamur (Baglog)

Sterilisasi Media Tanam Jamur (Baglog)

Baglog diberi penutup cincin terlebih dahulu untuk mencegah masuknya uap air ke dalam media. Tutup cincin berupa silinder plastik bisa dipakai ulang karena setelah proses sterilisasi, tutup cincin dilepas kembali. Proses sterilisasi dalam skala kecil dengan cara dipanaskan pada suhu 100-121⁰C menggunakan uap panas bertekanan 2 atm atau 15 psi selama 30 menit. Pada skala menengah, bisa menggunakan aliran uap panas suhu 100⁰C selama 2-4 jam.

Alat sterilisasi media tanam jamur (baglog) di P3JT Daqu Agrotechno

Alat sterilisasi media tanam jamur (baglog) di P3JT Daqu Agrotechno

Pada skala besar, sterilisasi dapat dilakukan dengan menggunakan uap air panas. Pemanasan menggunakan pembakaran dengan bahan bakar kayu yang dilengkapi burner yang ditiup blower. Kemudian, uap panas disalurkan ke dalam ruang yang terbuat dari bangunan beton yang dilapisi plat baja. Ruang ukuran 1,5 m x 1,5 m x 2 m dapat menampung 2.000 baglog. Ruang tempat baglog dapat dibuat lebih dari satu, dengan masing-masing diberi beberapa pipa supaya uap air panas merata. Pemanas berupa burner dengan bahan bakar kayu memerlukan waktu pembakaran selama 8-10 jam. Selama proses sterilisasi, setiap beberapa waktu, suhu dan tekanan uap dicek dengan manometer. Apabila suhu dan tekanan uap turun, api dibesarkan dengan menambah kayu bakar. Setelah disterilkan, dibiarkan selama semalam supaya suhu dingin dan tekanan sama dengan tekanan udara luar, baru pintu ruang sterilisasi dibuka. (ss)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *