Pusat Pengembangan Jamur Tiram (PPJT) Daqu Agrotechno Berproduksi Awal Maret

Cianjur – Proses pembangunan Pusat Pengembangan Jamur Tiram (PPJT) hampir rampung di Desa Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berdasarkan kujungan salah satu direksi Daarul Quran, Tarmizi, ke lokasi pada Jumat (20/2/15), proses pembangunan ruang produksi jamur, pembuatan kumbung, dan persiapan produksi sudah 90% selesai.

Rencananya, di sekitar PPJT ini pun akan dibangun Rumah Tahfidz bagi anak-anak dan akan dilakukan pengajian rutin seminggu sekali untuk orang dewasa sekitar Rumah Tahfidz.

“Segera disusun RAB untuk pembangunan Rumah Tahfidz dan diharapkan bulan Maret 2015 sudah mulai proses pembangunanannya”, ujar Tarmizi.

Kondisi pembangunan PJPT saat ini lebih detail dijelaskan oleh penanggung jawab project, Nanda Erlangga. Ia menjelaskan bahwa produksi jamur tiram akan dimulai awal Maret 2015.

“Pembuatan ruang produksi pada bulan ini memasuki tahap penyelesaian. Pekerjaan hanya menyisakan pengecatan dinding luar yang bukan menjadi prioritas saat ini. Ruang inokulasi sudah sepenuhnya selesai dan telah dibersihkan. Kumbung budidaya telah dimulai pembangunannya sejak akhir bulan Januari. Pada bulan Februari ini pembangunan kumbung 1 telah selesai dan memasuki kumbung 2. Persiapan produksi mulai dilakukan menjelang minggu terakhir Februari. Bahan baku sudah mulai dipesan untuk persiapan produksi pada awal bulan Maret. Serbuk gergaji dan tepung jagung direncanakan dikirim pada minggu terakhir Februari, sedangkan dedak sudah dipesan untuk minggu pertama bulan Maret. Bahan lain yang sudah dipersiapkan antara lain, dua set kompor smawar, tabung gas sebanyak 15 tabung (kurang 9 dari 24 yang direncanakan), plastik baglog sebanyak 1 kwintal.” Ujar Nanda menjelaskan proses pembangunan PPJT Ciloto. (dip)PUSAT PENGEMBANGAN JAMUR TIRAM

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *