Prospek Pasar Pepaya

Related imageBuah pepaya merupakan salah satu “buah meja” (buah matang yang dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu pengolahan terlebih dahulu) paling populer di dalam negeri dan di berbagai negara,  terutama di negara-negar tropis yang memiliki iklim ideal bagi pertumbuhan tanaman ini.

Di dalam negeri buah pepaya sudah dikenal dan dikonsumsi sejak ratusan tahun lalu.  Hampir semua orang menggemari buah dengan warna daging buah oranye kemerahan dan memiliki cita rasa manis dan segar ini.  Ada banyak faktor yang menyebabkan buah ini senantiasa digemari dan populer.  Berikut beberapa faktor-faktor tersebut :

  1. Buah pepaya memiliki cita rasa dan tekstur yang secara umum digemari.
  2. Imej buah sehat sangat melekat pada buah pepaya. Berbagai kandungan nutrisi dan manfaat pada buah ini mendorong masayarakat untuk mengkonsumsinya secara rutin.  Orangtua umumnya menyajikan buah ini di rumah secara rutin.  Usaha katering, rumah makan, restoran, kantin, hingga rumah sakit juga senantiasa menyediakan buah ini sebagai sajiannya.
  3. Tidak ada pantangan secara umumm bagi orang untuk mengonsumsi buah ini.
  4. Mudah didapatkan karena umumnya selalu tersedia di berbagai kios buah dan supermarket.
  5. Harganya terjangkau dibandingkan dengan jenis-jenis buah meja lain.
  6. Tersedia sepanjang tahun karena tanaman pepaya berbuah sepanjang tahun, (tidak mengenal musim) selama masa produktif tanaman.
  7. Hadirnya jenis-jenis buah pepaya berukuran mini atau kecil yang cocok untuk dikonsumsi keluarga yang biasanya tidak menginginkan buah pepaya dalam ukuran besar atau perorangan, dan ingin mengonsumsinya sekali habis. (WG).

 

Sumber          : Buku “Menghasilkan Pepaya California Berkualitas”

Penulis           : Wisnu Gunawan (Pemilik CV Agro Kates Mandiri)

 

 Artikel Selanjutnya              : Prospek Budidaya Pepaya

Artikel Selengkapnya          : Menghasilkan Pepaya California Berkualitas

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *