Program

1. Daqu Agrotechno Training Center (DATC)

Tampat yang berlokasi di Kadudampit, Sukabumi, ini merupakan pusat pengembangan dan pelatihan pertanian terpadu yang mengedepankan teknologi ramah lingkungan, sekaligus menjadi tempat wisata agro dan religi.

2. Klaster Pertanian Terpadu (KPT)

Selain membangun training center, Daqu Agrotechno pun melaksanakan program Pertanian Terpadu di beberapa klaster, diantaranya Klaster Pertanian Terpadu (KPT) Semarang dan Lampung. KPT ini dikembangkan di lingkungan Pesantren Daarul Quran dengan mengintegrasikan pertanian pertanian dan pendidikan.

3. Pusat Pengembangan dan Pelatihan Jamur Tiram (P3JT)

P3JT ini merupakan sentra kegiatan budidaya dan pelatihan jamur tiram yang terletak di kawasan puncak, Ciloto, Cianjur. Dalam kegiatannya, P3JT senantiasa melibatkan dan memberdayakan masyarakat sekitar. Selain itu, akan dibangun pula RumahTahfidz di sekitar P3JT sebagai bentuk pendidikan ahlak dan Al-Quran terhadap masyarakaat sekitar.

4. Program Pengembangan Hidroponik

Daqu Agrotechno mengembangkan teknologi hidroponik sebagai model budidaya tanaman hortikultura (sayuran). Dengan teknologi ini, sayuran yang dihasilkan berupa sayuran sehaat, bersih dan bebas residu pestisida. Teknologi yang digunakan adalah Teknoloi Hidroponik Sistem Terapung (THST). Keunggulannya adalah hemat energy karena tidak menggunakan listrik; dan hemat tenaga kerja karena tidak membutuhkan banyak tenaga perawatan; serta penggunaan input yang efektif dan efisien.

5. Program Sepuluh Ribu Hektar Sawit

Pengelolaan kebun sawit sebagai upaya Daarul Quran dalam mendukung rencana pengembangan pesantren di Indonesia. Hasil penanaman sawit untuk mendanai beasiswa santri penghafal al-quran. Kini, telah dimulai dengan mengelola sawit 1000 hektar di Mamuju dan 30 hektar di Jambi.

6. Program Sepuluh Ribu Hektar Jabon

Tidak semua santri mampu membiayai pendidikannya. Oleh karena itu, kepedulian terhadap santri penghafal al-Quran membuat kami membuat program ini. Sama seperti halnya Program 10.000 Hektar Pohon Sawit, hasil penanaman pohon ini akan disalurkan untuk beasiswa santri penghafal Al-Quran.

7. Agrotech Logistic

Dengan moto “memberi yang terbaik untuk santri”, Agrotech Logistic berusaha menyediakan makanan yang sehat dan berkualitas untuk para santri. Agrotech Logistic telah menyuplai puluhan ton beras sehat per bulannya. Selain penyedia logistic untuk santri, Agrotech Logistic akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk penyediaan beras untuk karyawan.

8. Program Peternakan

Program peternakan ini akan dipusatkan pengembangannya di Daqu Agrotechno Training Center Sukabumi. Selaain itu, Daqu Agrotechno akan melakukan pembinaan dan kemitraan dengan peternak di Indonesia, terutama untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban dan akikah

9. Pengelolaan Lahan Sedekah dan Wakaf

Lahan pertanian yang telah diwakafkan kepada Daarul Quran akan dikelola oleh Daqu Agrotechno agar lahan tersebut menjadi lebih produktif dan bisa lebih banyak memberi manfaat kepada masyarakat.