Program Pohon Kehidupan Daqu Agrotechno

Program Pohon Kehidupan Daqu Agrotechno

Tidak diragukan, begitu banyak manfaat pohon bagi kehidupan, diantaranya:

  • Mencegah erosi, banjir dan menjaga kualitas air dalam tanah: Pohon mencegah limpasan air hujan dan pengikisan tanah, dan menyerap aliran air sehingga mencegah banjir dan meningkatkan kualitas air.
  • Produsen Oksigen (O2): sebuah pohon berdaun dewasa dapat menghasilkan O2 untuk 10 orang dalam setahun
  • Carbon sink: pohon menyerap dan mengikat karbon dioksida (CO2), sebagai pencegahan pemanasan global, sehingga meningkatkan kualitas udara.
  • Mata pencaharian berkelanjutan: cara terkontrol dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan sebagai mata pencaharian masyarakat yang dapat diandalkan untuk setiap generasi.

IMG-20160511-WA0000

Selain manfaat di atas, penanaman pohon dalam Program Pohon Kehidupan ini secara khusus berupaya untuk memberdayakan petani kecil (masyarakat marginal) secara ekonomi, yaitu untuk meningkatkan pendapatan melalui keterlibatan mereka dalam penanaman pohon.

Petani kecil seringkali tidak mampu memenuhi kebutuhan pada saat-saat tertentu seperti saat hari raya atau saat hendak menyekolahkan anak. Tidak adanya tabungan membuat mereka kebingunan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya Program Pohon Kehidupan diharapkan mereka mempunyai tabungan pohon yang bisa menjadi social safety di saat ada kebutuhan mendesak.

Dengan demikian, program yang meng-implementasikan pendekatan partisipatif dalam rangka keterlibatan masyarakat ini mampu memberi manfaat dan perbaikan dalam aspek ekonomi, ekologi dan sosial.

Kegiatan program ini diaantaranya:

  1. Dukungan permodalan untuk penanaman pohon minimal 25 pohon per petani, namun dikelola dan dikoordinasikan melalui kelembagaan local.
  2. Pelatihan penanaman pohon untuk petaani binaan
  3. Pembentukan kelembagaan petani binaan yang menanam pohon sebagai pusat pengorganisasian komunitas dalam mengoptimalkan penanaman pohon.
  4. Pemberian modal bagi para petani yang akan menanam pohon
  5. Pengembangan jaringan, termasuk jaringan pasar, dengan menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai stakeholder.

iyaaa

Semua aktivitas program di atas akan didukung dengan aktivitas pendampingan dan pembinaan petani intensif, dimana pelaksana program akan menempatkan seorang pendamping tinggal bersama masyarakat selama program masih dilaksanakan di lokasi program.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *