Peternakan Berbasis Lingkungan

Peternakan Berbasis Lingkungan

Program Peternakan Berbasis Lingkungan yang diusung oleh Daqu Agrotechno merupakan bagian dari aktivitas pertanian berkelanjutan. Pertanian berkelanjutan adalah gerakan pertanian yang menggunakan prinsip ekologi. Pertanian berkelanjutan telah didefinisikan sebagai sebuah sistem terintegrasi antara praktek produksi tanaman dan hewan dalam sebuah lokasi dan dalam jangka panjang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Memenuhi kebutuhan pangan manusia
  • Meningkatkan kualitas lingkungan dan sumber daya alam berdasarkan kebutuhan ekonomi pertanian
  • Menggunakan sumber daya alam tidak terbarukan secara sangat efisien
  • Menggunakan sumber daya yang tersedia di lahan pertanian secara terintegrasi, dan memanfaatkan pengendalian dan siklus biologis jika memungkinkan
  • Meningkatkan kualitas hidup petani dan masyarakat secara luas

Program Peternakan Berbasis Lingkungan merupakan program yang diselenggarakan oleh Daqu Agrotechno sebagai upaya menambah pendapatan petani minimal Rp500ribu/bulan melalui kegiatan usaha ternak komunitas, juga mengintegrasikannya dengan aktivitas pertanian ramah lingkungan berupa padi dan sayuran.

Adapun kegiatan program peternakan bersbasis lingkungan adalah sebagai berkut:

  1. Dukungan permodalan untuk pembelian bakalan ternak minimal 5 ekor per petani, namun dikelola dan dikoordinasikan melaalui kelembagaan local.
  2. Pelatihan pemeliharaan ternak untuk petaani binaan dalam sistem pertanian terpadu
  3. Pembentukan kelembagaan petani binaan yang memelihara ternak sebagai pusat pengorganisasian komunitas dalam mengoptimalkan usaha ternak domba.
  4. Pengadaan perlengkapan dan peralatan pertanian terpadu untuk mengintegrasikannya dengan ternak.
  5. Pengembangan jaringan, termasuk jaringan pasar, dengan menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai stakeholder.

Semua aktivitas program di atas akan didukung dengan aktivitas pendampingan dan pembinaan petani intensif, dimana pelaksana program akan menempatkan seorang pendamping tinggal bersama masyarakat selama program masih dilaksanakan di lokasi program.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *