Persyaratan Lokasi Tanam Timun

Persyaratan Lokasi Tanam Timun

Mentimun atau timun, beberapa daerah juga menyebutnya ketimun merupakan sejenis sayuran yang banyak dimakan dengan cara dibuat lalapan, lotekan atau rujak. Kali ini kami ingin membahas tentang cara menanam timun, supaya Anda tidak repot mencari lalapan karena sudah tersedia di kebun sendiri.

Timun adalah jenis tanaman setengah merambat dan jenis tanaman semusim dengan bunga hermafrodit (satu tanaman memiliki bunga jantan dan betina). Buah timun muda berwarna hijau dengan garis putih berbentuk torpedo. Beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam timun di antaranya kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, fosfor, vitamin B1, vitamin C, vitamin B2.

Timun (Curcumis sativus) juga sering digunakan dalam dunia kecantikan sebagai pelembab wajah. Kandungan yang ada di dalam timun dapat menghindarkan wajah Anda dari kulit kering mengelupas karena hawa panas musim kemarau.

Bagaimana cara menanam timun? Berikut ini tahapan-tahapan menanam timun yang kami sajikan untuk Anda.

Cara menanam timun dengan menggunakan lahan maupun polybag yang baik agar menghasilkan panen yang diharapkan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Persyaratan Lokasi Tanam

Langkah pertama, cari lokasi yang mendapat suplay sinar matahari sepanjang hari. Anda bisa gunakan lahan pekarangan rumah, kebun, tegalan. Jika Anda tidak memiliki lahan maka sebaiknya cara menanam timun dilakukan dengan media polybag/karung/pot (ukuran minimal 2 kg).

Temperatur udara di sekitar lahan berkisar 21-27⁰C. Itu merupakan suhu ideal dalam menanam timun. Suhu ini dapat Anda rekayasa yaitu di saat musim penghujan, tentunya suhu udara tidak begitu panas.

Syarat lokasi yang paling pokok, sebagai langkah awal cara menanam timun adalah tanah yang digunakan untuk budidaya mengandung banyak unsur hara, subur (pH normal yaitu 6-7).

Lalu, bagaimana caranya agar tanah menjadi subur? Simak ulasannya: Pengolahan Media Tanam dalam Proses Penanaman Timun

Kunjungi juga Panduan Budidaya Sayuran dan Buah untuk melihat ulasan lengkap budidaya sayur dan buah.

 

Sumber: www.infoagribisnis.com

 

Anda mencari benih timun unggul? Klik berikut ini.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *