Persiapan Media Semai dalam Budi Daya Cabai

Persiapan Media Semai dalam Budi Daya Cabai

Persiapan bibit dilakukan sebelum penanaman di lahan atau pot. Persiapannya meliputi persiapan wadah pembibitan, penyemaian benih, hingga pemeliharaan bibit.

Langkah perbaikan kultur teknik budi daya cabai secara intensif untuk meningkatkan produksi maupun kualitas hasil di antaranya penggunaan benih unggul, pemilihan lokasi, persiapan lahan, penerapan teknologi mulsa plastik hitam perak (MPHP), pemupukan berimbang, pengendalian hama dan penyakit, panen dan penanganan pascapanen, serta cara-cara lain yang khas, seperti pemasangan turus dan perempelan tunas ataupun daun. Pemilihan benih cabai varietas unggul telah dibahas di bab sebelumnya. Bab ini akan membahas tuntas mengenai tahap-tahap persiapan sebelum penanaman di lahan, baik skala luas maupun sempit (pekarangan).

Persiapan Media Semai

Media semai bermanfaat sebagai media awal tumbuh bibit. Oleh karena itu, persiapan media semai harus dilakukan sebaik mungkin. Media semai merupakan campuran dari berbagai bahan seperti tanah, pupuk kandang, cocopeat, dan arang sekam. Ada juga media semai siap pakai yang dapat diperoleh di toko pertanian. Media semai yang umum digunakan dalam pertanaman cabai adalah campuran tanah halus dan pupuk kandang (yang sudah terdekomposisi dengan baik).

Cara mempersiapkan media semai adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan tanah halus kering yang telah diayak. Selanjutnya, campurkan tanah tersebut dengan pupuk kandang matang halus dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan NPK 15 : 15 : 15 sebanyak 3 g per liter media dan Furadan 3G sebanyak 1 g per liter.
  2. Aduk rata campuran tersebut dan masukkan ke dalam polybag ukuran 8 cm x 10 cm atau tray semai ukuran 72 lubang per tray atau bumbungan dari daun pisang. Untuk penanaman 1 Hektare, dibutuhkan sebanyak 22.000 polybag atau 305 tray.
  3. Tata polybag dalam sungkup plastik. (ms/ry/rd)

 

Sumber: Buku “Budidaya Cabai Panen Setiap Hari”

Penulis: Prof. Dr. Ir. Muhamad Syukur, SP, MSi, Dr. Rahmi Yunianti, SP, MSi dan Rahmansyah Dermawan, SP, MSi

 

Sebelumnya: Pembuatan Rumah Pembibitan

Selanjutnya: Penyemaian Benih

Selangkapnya: Panduan Budi Daya Cabai

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *