Persiapan Lahan Dalam Bertanam Mentimun

Persiapan Lahan Dalam Bertanam Mentimun

Lahan untuk bertanam mentimun harus disiapkan dengan baik agar tercipta kondisi lingkungan yang sesuai untuk  pertumbuhan tanaman, terutama kondisi lingkungan tanahnya.  Seperti pada tanaman lainnya, mentimun menghendaki tanah yang subur, gembur, bersih dari gulma dan cukup persediaan airnya.

Sebenarnya mentimun paling cocok ditanam pada awal musim kemarau, tetapi dengan kebutuhan mentimun yang tidak mengenal musim, maka banyak petani yang mengusahakan dimusim hujan karena tergiur dengan harganya yang mahal.  Persiapan lahan pada musim kemarau sedikit berbeda dengan musim hujan seperti berikut ini :

  1. Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah bertujuan untuk merubah kondisi tanah yang keras (padat) menjadi gembur, sehingga sirkulasi udara dalam tanah menjadi lebih baik, menghilangkan gas-gas yang bersifat racun, dan membersihkan tanaman gulma.  Tahapan-tahapan pengolahan tanah untuk tanaman mentimun adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya, tunggak kayu, dan rumput yang kelak akan mengganggu tanaman mentimun.
  • Sebelum tanah diolah, tanah dibasahi seblumnya agar mudah diolah. Lakukan pengolahan tanah dengan car dibajak atau dicangkul sedalam 30 – 40 cm.  Setelah itu, hancurkan bongkahan tanah yang berukuran besar menjadi butir-butir yang lebih halus menggunakan pacul.
  • Biarkan tanah yang telah dibajak selama 7 hari agar terkena matahari dan hujan. (W/BS).

 

Sumber : Buku “BERTANAM MENTIMUN Dimusim Kemarau & Musim Hujan”

Penulis  : Warsana, SP., M.Si dan Ir. Budi Samadi

 

Artikel Sebelumnya        : Syarat Tumbuh Mentimun

Artikel Selengkapnya     : Bertanam Mentimun

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *