Persemaian dan Pembibitan Benih yang Besar (Mentimun)

Persemaian dan Pembibitan Benih yang Besar (Mentimun)

Persemaian dan pembibitan untuk benih yang besar dilakukan pada tempat yang sama. Namun, bila media semai yang dipakai berupa media jadi yang terbuat dari gambut (Jiffy-7) atau campuran bahan organik dengan serbuk sabut kelapa (cocopot), persemaian dan pembibitan dilakukan dalam wadah yang berbeda.

Sebelum dilakukan persemaian, lebih baik benih direndam dahulu dalam air hangat kuku selama 2-3 jam. Perendaman ini berguna untuk mempercepat perkecambahan.

Persemaian dan pembibitan media jadi

Gambut yang tersedia telah dibuat dalam bentuk bulat, kecil, gepeng (cocopot), dan dilindungi oleh jaring/net (Jiffy-7). Sebelum digunakan, media ini harus direndam dahulu dalam air hingga berkembang maksimal. Benih dimasukkan ke dalam lubang yang telah ada di tengah media tersebut. Media ditutup dengan tisu basah dan disusun dalam wadah semai. Perawatan semai yang lain seperti perawatan semai untuk benih kecil. Setelah benih berkecambah dan memiliki sekitar 5-7 daun, dapat dipindah ke lapang.

Persemaian dengan bukan media jadi

Media yang digunakan sama seperti media untuk benih kecil. Demikian pula, untuk sterilisasi media campuran pasir, kompos, arang sekam, dan pupuk kandang.

Wadah yang digunakan berupa plastik atau pot pembibitan berdiameter 8-10 cm. Apabila menggunakan plastik, bagian bawahnya harus dilubangi agar air siraman dapat keluar. Cara persemaian adalah sebagai berikut:

  • Wadah diisi media setinggi ¾ bagian yang sebelumnya telah disiram air. Bagian tengahnya dibuat lubang dengan kedalaman sekitar 0,5-1 cm dari permukaan.
  • Benih dimasukkan ke dalam lubang yang telah tersedia secara horizontal dengan bantuan pinset. Selanjutnya benih ditutup dengan media tipis-tipis sampai permukaannya rata.
  • Supaya kelembapan tetap terjaga, pot disiram dengan gembor halus atau sprayer.
  • Air siraman dicampur dengan pupuk bila daun telah membuka. Dosis pupuk ½ dari dosis untuk tanaman dewasa.
  • Benih mentimun akan cepat berkecambah. Setelah umur 15 hari atau tanaman mencapai tinggi 12-15 cm, bibit dapat dipindah ke tempat penanaman. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik di pekarangan? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *