Perawatan Untuk Pembentukan Tubuh Buah Jamur Tiram

Perawatan Untuk Pembentukan Tubuh Buah Jamur Tiram

Bila baglog suah tampak dipenuhi oleh miselium jamur tiram, fase pembentukan tubuh buah jamur sudah bisa dimulai .  Perlakuan yang bisa dilakukan saat proses pembentukan tubuh buah, yaitu dengan membuat stress.  Caranya dengan membuat perbedaan suhu, kelembapan, dan pemberia oksigen.  Pada fase ini, suhu bisa diturunkan antara 22-25 derajar celcius dan kelembapan 80-85%.  Untuk pemberian oksigen dengan cara membuka media tanam yang sudah dipenuhi miselium.

Cara membuka media tanam bisa dilakukan dengan membuka kapas penutupnya.  Bisa juga dengan cara menyobek plastik baglog dengan silet atau pisau steril.  Bentuk sobekan bisa berbentuk “+” atau “X”.

Sesudah 3-7 hari sehabis penyobekan plastik, akan mulai trelihat calon – calon jamur tiram (primordia).  Benetuknya berupa jonjot-jonjot berwarna keputihan.  Pada hari ke-7 sampai hari ke – 10 akan mulai terjadi diferensiasi batang dan tudungnya.  Pada stadia tumbuh ini, bisa dilakukan pengabutan sampai pertumbuhan jamur siap dipanen.  Pengabutan ini dilakukan minimal sekali setiap hari.

Atur juga cahaya yang masuk dan sirkulasi udara kumbung.  Untuk mengatasi fluktuasi suhu yang mungkin terjadi bisa memakai blower atau air conditioner (AC). (YIN).

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *