Perawatan Hidroponik Tomat, Paprika, Cabai, dan Mentimun untuk Hobiis

Perawatan Hidroponik Tomat, Paprika, Cabai, dan Mentimun untuk Hobiis

Pada dasarnya cara penanaman hidroponik untuk hobiis sama dengan penanaman hidroponik untuk komersial, tetapi lebih sederhana. Pembahasan sebelumnya sudah diulas mengenai persemaian dan pembibitan, serta penanaman hidroponik tomat, paprika, cabai, dan mentimun.

Perawatan

Perawatan tanaman tidak hanya dengan menyiram air saja, tetapi dapat dimulai dengan pemberian pupuk. Dosis pemberian pupuk sesuai dengan yang dianjurkan pada label. Sebaiknya tidak memakai satu macam pupuk karena pupuk tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan. Untuk mengatasi kekurangan tersebut sebaiknya digunakan pupuk lainnya (merk lain). Pupuk ini diberikan 2-3 kali sehari.

Pemberian pupuk harus disesuaikan dengan kondisi tanaman. Tanaman muda membutuhkan unsur nitrogen (N) yang tinggi untuk merangsang pertumbuhan vegetatif. Pupuk berunsur N tinggi antara lain Gandasil D, Hyponex merah, dan Vitabloom leaf tonic. Tanaman yang telah mengalami fase generatif atau mulai berbunga membutuhkan pupuk dengan unsur fosfor (P) yang tinggi. Contoh pupuk berunsur P tinggi antara lain Gandasil B, Hyponex biru, dan Vitabloom blossom booster. Pemberantasan hama dan penyakit dapat dilakukan bila tampak gejala serangan.

Tanaman yang semakin lama bertambah tinggi akan memerlukan ajir untuk menyangganya. Pemasangan ajir dilakukan sejak tanaman dipindah ke pot pembesaran. Bila tanaman ini ditanam di halaman, ajir dapat dibuat dari tali yang bagian atasnya diikat di teras rumah atau dibuatkan seperti para-para.

Khusus untuk mentimun, saat tanaman berbunga (umur 2,5-3 bulan) dilakukan seleksi bunga jantan dan betina. Bunga jantan perlu dihilangkan karena tidak akan menghasilkan buah. Ciri bungan jantan adalah di bagian bawahnya tidak ada bakal buah (bagian yang mengembung). Sebaliknya bunga betina harus dipelihara karena dari bunga ini akan dihasilkan buah. Ciri bunga betina yaitu adanya bakal buah di pangkal bunga.

Pemangkasan tunas dan penyerbukan sama dengan yang dilakukan pada hidroponik sayuran untuk usaha komersial. (hp/yhi)

 

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

<< Bab Sebelumnya.

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *