Penyerbukan Buatan Tanaman Hidroponik

Penyerbukan Buatan Tanaman Hidroponik

Penyerbukan buatan sangat dibutuhkan oleh tanaman mentimun karena bunga jantan dan betina terletak pada bunga yang berbeda. Namun, paprika dan tomat yang ditanam dalam greenhouse juga perlu penyerbukan buatan karena di dalam greenhouse tidak ada angin dan serangga.

Cara penyerbukan pada ketiga tanaman tersebut adalah sebagai berikut.

a. Pada tanaman tomat

Batang tomat diketuk-ketuk tiap 1-3 hari sekali pada pagi hari. Dengan pengetukan ini diharapkan serbuk sari akan jatuh ke kepala putik.

b. Pada tanaman paprika

Serbuk sari dioleskan pada kepala putik dengan bantuan kuas kecil. Hal ini dilakukan pada pagi hari, sekitar pukul 10.00.

c. Pada tanaman mentimun

Caranya hampir sama dengan penyerbukan pada tanaman paprika. Untuk keberhasilan penyerbukan ini digunakan dua bunga jantan untuk satu bunga betina. Tahap pertama yaitu memilih/membedakan bunga jantan dan betina. Bunga jantan tidak membungai bakal buah atau bagian bawah tidak mengembung, sedangkan bunga betina adalah sebaliknya. Bunga jantan diambil, kemudian serbuka sari diambil dengan ujung kuas kecil. Lakukan ini pada bunga jantan yang lainnya. Serbuk sari yang ada di kuas kemudian diletakkan di atas kepala putik dengan memutar kuas secara perlahan. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *