Penyaringan Kayu Gergaji untuk Pembuatan Media Tanam Jamur (Baglog)

Proses pembuatan media tanam jamur (baglog) apabila menggunakan kayu gergaji terdiri atas penyaringan kayu gergaji, proses pencampuran bahan media, proses pengemasan media ke dalam kantong plastik, proses pengepresan media di dalam kantong plastik, proses pemberian cincin dan penutupan pada baglog, sterilisasi media tanam, serta proses pendinginan.

Tahapan pertama yang dilakukan adalah penyaringan kayu gergaji. Proses penyaringan kayu gergaji dapat dilakukan secara manual dengan kasa kawat penyaring ukuran kisi 1 cm x 1 cm yang dipasang bilah kayu di keempat sisinya. Kemudian, bilah kayu tersebut dipancang untuk mendapatkan sudut kemiringan 40⁰. Pekerja dengan menggunakan sekop melemparkan ke arah sisi atas kawat penyaring sehingga hasilnya akan jatuh di bagian bawah saringan. Kadang kala proses penyaringan menggunakan dua pekerja yang memegang ujung bilah, lalu kayu gergaji ditaruh di atas kisi dan digoyang-goyangkan sampai hasilnya jatuh di bagian bawah kisi.

Tim pekerja budidaya jamur tiram Daqu Agrotechno sedang menggoyang-goyangkan kisi agar diperoleh hasil penyaringan kayu gergaji untuk pembuatan baglog

Tim pekerja budidaya jamur tiram Daqu Agrotechno sedang menggoyang-goyangkan kisi agar diperoleh hasil penyaringan kayu gergaji untuk pembuatan baglog

Untuk produksi dalam skala besar, dapat menerapkan teknologi tepat guna, misalnya menggunakan mesin penyaring (pengayak) kayu gergaji. Teknologi yang digunakan untuk menyaring kayu gergaji, misalnya dengan sistem tabung putar. Mesin pengayak kayu gergaji menggunakan putaran untuk memutar tabung pengayak (mess). Tabung penyaring akan berputar untuk mengaduk dan menyaring kayu gergaji. Tujuan dari pengadukan ini adalah untuk memisahkan kayu gergaji yang kasar dan kayu gergaji yang halus. Sumber penggerak tidak harus dari energi BBM dan listrik, tetapi dapat memakai cara engkol seperti sepeda. (ss)

Log menggunakan tabung PVC

Log menggunakan tabung PVC

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *