Penyakit pada Tomat

a. Bercak daun

new-alternaria-solani-sor

Gejala penyakit bercak daun pada tanaman tomat yang disebabkan oleh jamur Alternaria solani

Gejala

Gejala awal tampak pada daun berupa bercak kecil berwarna cokelat yang kemudian meluas. Bercak ini dicirikan dengan adanya lingkaran yang konsentris. Bercak yang besar mempunyai bagian tengah yang berlubang. Daun yang terserang berat akan cepat tua dan akhirnya gugur. Selain menyerang daun, penyakit ini juga menyerang batang, bibit, dan buah. Batang yang diserang umumnya bagian bawah sehingga mudah roboh. Demikian pula, buah yang diserang akan membusuk, ditandai dengan adanya bagian yang melekuk berwarna hitam.

Penyebab

Penyebabnya adalah jamur Alternaria solani. Jamur ini biasanya menyerang di saat musim hujan.

Pengendalian

Pengendalian penyakit ini dilakukan dengan penyemprotan fungisida. Jenis fungisida yang dapat digunakan antara lain Daconil 74 WP dengan dosis 15 g/10 L air, Difolatan 4 F dengan dosis 2-3 cc/L air, atau Dithane M-45 dengan dosis 180-240 g/100 L air.

b. Layu Fusarium

tomat2-1

Gejala penyakit layu fusarium pada tanaman tomat yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum

Lihat pada penyakit yang menyerang paprika.

c. Busuk daun

3021

Gejala penyakit busuk daun pada tanaman tomat yang disebabkan oleh jamur Phytophthora infestan. Penyebarannya sangat aktif di musim hujan

Gejala

Daun bebercak cokelat dengan tepi kuning. Di bagian bawah bercak akan terlihat adanya lapisan putih seperti beludru. Bercak ini kemudian meluas ke seluruh daun, selanjutnya menjalar ke tangkai daun, batang, dan buah. Bila semuanya telah terserang maka tanaman akan mati. Buah yang terserang akan memperlihatkan gejala seperti ini, pada buah ada bercak yang berwarna hijau kelabu, terlihat basah, dan bentuknya tidak beraturan. Kulit buah kemudian mengerut. Daging buah mengeluarkan banyak cairan sehingga buah lebih lunak. Serangan ini tidak hanya terjadi di lapangan tetapi dapat juga menyerang buah di penyimpanan.

Penyebab

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytophthora infestan. Penyebarannya sangat aktif di musim hujan, terutama pada suhu lingkungan 18-20⁰C dan kelembapan 91-100%.

Pengendalian

Pengendalian untuk penyakit ini dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida. Fungisida yang dapat digunakan antara lain Antracol dengan dosis 1,5-2,5 kg/ha dan volume semprot 400-800 L/ha, Daconil 75 WP dengan dosis 15 kg/ha, Difolatan 4F dengan dosis 0,2-0,3% atau 2-3 kg/ha, atau Dithane M-45 dengan dosis 180-240 g/100 L air.

d. Kekurangan unsur Ca

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Buah tomat muda yang berwarna cokelat, kemudian membusuk, dan akhirnya kerdil. Gejala yang mengindikasikan kekurangan unsur Ca

Gejala

Gejalanya tampak pada buah muda yang berwarna cokelat, kemudian membusuk, dan akhirnya kerdil.

Penyebab

Penyebab gejala ini karena kekurangan unsur kalsium (Ca).

Pengendalian

Penanggulangan dengan memberi nutrien yang mengandung unsur Ca dalam larutan siraman. (hp/yhi)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *