Pengikatan Tanaman Hidroponik

Pengikatan Tanaman Hidroponik

Ketiga jenis tanaman (mentimun, paprika dan tomat) mempunyai pertumbuhan ke atas. Apabila hal tersebut dibiarkan, tanaman akan roboh. Oleh karena itu, setelah tanaman berada sekitar 7 hari di polibag, perlu disangga/ditopang dengan tali yang dililitkan pada batang tanaman dan diikat di bagian atas greenhouse.

Tali yang digunakan untuk pengikatan harus dipilih yang tidak membahayakan tanaman. Tali tersebut bersifat mudah kering dan tidak mengiris tanaman (tidak tajam). Contohnya, tali rafia atau benang kasur. Dari kedua jenis tali tersebut yang umum dipakai adalah benang kasur karena lebih awet.

Pengikatan tali pada batang tanaman mempunyai cara tersendiri. Cara ini dibuat agar tali tidak mengganggu perkembangan batang yang bertambah besar dan tinggi. Cara pengikatannya adalah sebagai berikut.

  • Tali diikatkan pada batang dengan simpul seperti pada gambar. Simpul tersebut sebaiknya tidak terlalu kencang.
Ikatan tali di bagian bawah batang

Ikatan tali di bagian bawah batang

  • Tali dililitkan pada batang sampai ujungnya, sisanya ditarik ke atas kemudian diikatkan di tempat pengikatan yang ada di bagian atas greenhouse.
Ikatan tali di bagian atas greenhouse

Ikatan tali di bagian atas greenhouse

  • Pemasangan tali sebaiknya tidak terlalu kendor atau kencang. Kekencangan tali dapat diukur dengan cara menarik tali dengan jari. Tali yang tertarik idealnya mempunyai jarak sekitar 4-5 cm dari tempat semula.

Pemberian atau pengikatan tali dilakukan sejak tanaman masih kecil sehingga untuk selanjutnya dapat dilakukan pelilitan batang pada tali. Pelilitan ini untuk meneruskan penopangan. Jadi, bukan tali yang dililitkan, tetapi batang tanaman. Pelilitan dilakukan dua hari sekali karena pada waktu itu batang tanaman masih lunak sehingga mudah dililitkan. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *