Pengemasan Bibit Jamur Siap Jual

Pengemasan Bibit Jamur Siap Jual

Pengemasan bibit dilakukan sejak pembuatan bibit. Kultur murni (bibit penjenis) dalam media agar umumnya dikemas menggunakan tabung reaksi. Kemasan bibit dasar (bibit induk), bibit pokok, dan bibit sebar dikemas menggunakan kemasan botol. Sedangkan bibit semai umumnya dikemas menggunakan kantong plastik dalam bentuk baglog.

Bibit yang telah siap jual dilengkapi dengan label berisi informasi merek dagang, jenis jamur (nama spesies, varietas/tipe), nama dan alamat produsen bibit, nomor pendaftaran produk, kelas bibit, label sertifikasi bibit, saran penggunaan secara singkat, tanggal pembuatan serta tanggal kedaluwarsa. Merek dagang dan nomor pendaftaran produk diperoleh setelah melakukan pendaftaran produk industri rumah tangga di dinas yang mengurus perindustrian dan perdagangan.

Kelas bibit dan label sertifikasi didapatkan setelah lolos dalam proses sertifikasi yang dilakukan oleh BPSB. Khusus untuk bibit semai cukup dituliskan tanggal penanaman bibit sebar sehingga mudah diketahui perkiraan masa panen badan buah. Penjelasan yang lebih lengkap bisa dibuat dalam bentuk brosur atau leaflet, terutama penjelasan nama jenis dan varietas/tipe, teknik inkubasi pemeliharaan untuk menumbuhkan miselium, serta teknik menumbuhkan badan buah jamur supaya produksinya optimum.

Untuk keperluan pengiriman bibit dasar, bibit pokok, dan bibit sebar yang dikemas dalam botol gelas, dapat ditata dalam kardus dengan sela-sela botol diberi potongan-potongan kertas bekas untuk mencegah pecahnya botol selama pengangkutan. Pada karton ditulis hati-hati mudah pecah atau ditandai dengan tanda gelas. Sementara bibit dasar, bibit pokok, dan bibit sebar yang dikemas menggunakan kantong plastik cukup ditata dalam kardus, ditutup, lalu diberi perekat.

Pada bibit semai yang berbentuk baglog, pengiriman umumnya dalam jumlah dan volume cukup besar. Baglog cukup ditata dalam posisi cincin di samping (horizontal) dan dibuat tumpukan rapi dalam bak truk atau alat angkut lain, lalu ditutup menggunakan terpal. Satu truk besar sekali angkut bisa memuat 8-10 ribu baglog. Namun, perlu dipertimbangkan kekuatan kantong plastik baglog dengan tinggi tumpukan agar tidak mudah robek selama dalam perjalanan. (ss)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *