Pengairan dalam Budi Daya Cabai

Foto: doc. www.imamwigunablog.wordpress.com

Air memegang peranan penting dalam budi daya cabai. Pemberian air secara optimal berdasarkan fase pertumbuhan tanaman akan meningkatkan produktivitas. Air yang cukup akan meningkatkan pertumbuhan vegetatif seperti tinggi tanaman, jumlah cabang, luas daun, dan diameter batang, serta meningkatkan jumlah bunga, jumlah buah, bobot buah, diameter buah dan panjang buah. Sebaliknya, kekurangan air atau kelebihan air berpengaruh kurang baik bagi tanaman sehingga akan menurunkan kualitas dan produktivitas hasil.

Pengairan dilakukan dengan cara penyiraman menggunakan gembor, irigasi tetes, sistem curah, atau sistem leb. Pengairan dengan sistem leb merupakan cara yang paling praktis terutama di daerah yang memiliki irigasi teknis. Pengairan menggunakan irigasi tetes dilakukan dengan cara mengalikan air melalui selang-selang utama, kemudian membagi air ke setiap tanaman melalui selang sekunder. Pengairan menggunakan sistem curah dikenal sebagai sprinkler irrigation overhead irrigation. Air dipercikkan seperti hujan buatan dengan menggunakan penyemprot bertekanan tinggi. Pengairan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan gembor yang mempunyai lubang-lubang kecil pada bagian ujungnya. Namun demikian, cara ini memerlukan banyak waktu dan tenaga. Kegiatan pengairan adalah sebagai berikut.

  • Lakukan penyiraman tanaman setiap hari saat jarang turun hujan. Siram hingga tanah tampak basah. Penyiraman yang berlebihan saat musim hujan akan menyebabkan busuk akar.
  • Jika menggunakan sistem leb, salurkan air melalui jaringan irigasi ke setiap bedengan. Biarkan selama beberapa saat sampai bedengan tampak basah atau mencapai kondisi kapasitas lapang. Atur ketinggian air cukup sampai ujung mulsa. Usahakan lahan tidak becek. Jika air sudah cukup, segera keluarkan melalui saluran drainase (saluran pembuangan). (ms/ry/rd)

 

Sebelumnya: Pemupukan Susulan

Selanjutnya: Pengendalian Gulma

Selangkapnya: Panduan Budi Daya Cabai

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *