Penanaman

Penanaman

Pembesaran merupakan kegiatan utama dari hidroponik. Bibit yang telah tumbuh, harus segera dipindahkan ke lapangan untuk dibesarkan sehingga nantinya dapat menghasilkan buah seperti yang diharapkan.

Sebelum dilakukan pemindahan bibit, perlu dipersiapkan tempat dan media tanamnya. Tempat penanaman (greehouse) perlu disterilkan, kira-kira satu bulan sebelum penanaman. Greenhouse berlantai semen dibersihkan dengan menyikat lantai dan bedengan dengan air sabun. Selanjutnya dilakukan penyemprotan dengan fungisida atau desinfektan. Desinfektan yang dapat digunakan yaitu formalin 40% dengan konsentrasi 20 mL/L atau KI dengan konsentrasi 2 g/L. Apabila greenhouse yang digunakan berlantai tanah maka cukup dengan penyemprotan herbisida, misalnya Roundup.

Langkah selanjutnya, media dimasukkan ke dalam pot/polibag satu minggu sebelum penanaman. Pemasukan media lebih baik dilakukan di dalam greenhouse agar tetap steril. Banyaknya media yang dimasukkan kira-kira ¾ volume polibag atau mencapai tinggi 15 cm.

Polibag yang telah diisi media diletakkan di atas guludan atau rak penanaman. Jarak antarpolibag 60 cm. Dalam satu guludan yang berukuran 60 cm ditempatkan dua baris polibag yang diatur secara selang-seling sehingga tiga polibag yang berdekatan akan membentuk segitiga sama kaki dengan sisi berukuran 43 cm.

Jarak antarguludan sebaiknya dibuat sekitar 80-100 cm. Dengan jarak tersebut diharapkan para pekerja dapat lewat tanpa mengganggu tanaman yang ada. Bibit dapat dipindahkan ke polibag dengan cara sebagai berikut:

  • Bibit dilepas dari pot dengan cara membaliknya secara perlahan dan tanaman beserta media ditahan oleh tangan dengan menjepit tanaman di antara jari telunjuk dan jari tengah.
  • Bila memakai plastik, tanaman tidak perlu dibalik, cukup dengan menggunting bagian bahwah plastik sehingga tanaman beserta medianya dapat keluar secara tergelincir.
  • Polibag yang telah berisi media dilubangi di bagian tengah dengan ukuran sebesar bibit (beserta medianya) yang akan dipindahkan.
  • Bibit yang telah keluar dari pot/plastik dimasukkan ke dalam lubang yang telah disediakan. (hp/yhi)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *