Penanaman Hidroponik Tomat, Paprika, Cabai, dan Mentimun untuk Hobiis

Penanaman Hidroponik Tomat, Paprika, Cabai, dan Mentimun untuk Hobiis

Pada dasarnya cara penanaman hidroponik untuk hobiis sama dengan penanaman hidroponik untuk komersial, tetapi lebih sederhana. Oleh karena itu, uraian mengenai cara penanaman di sini hanya dijelaskan penekanannya saja.

Penanaman

Wadah yang akan dipergunakan disiapkan terlebih dahulu. Misalnya memakai ember plastik (emplas) berdiameter 25-30 cm, emplas tersebut dilubangi bagian bawahnya untuk mengalirkan air yang berlebih. Di dasar emplas diberi plastik strimin agar media tidak keluar lewat lubang. Apabila memakai media zeolit, media tersebut harus dalam keadaan netral karena zeolit yang tersedia (dijual) masih dalam keadaan basa. Pemberian media ini hendaknya tidak sampai penuh karena setelah bibit bertambah besar, media dapat ditambahkan lagi sehingga tanaman kuat/tidak mudah roboh.

Pemindahan bibit ke pot penanaman dilakukan dengan cara melepaskan bibit dari potnya terlebih dahulu. Untuk memudahkan terlepasnya bibit, pot diketuk-ketuk dindingnya. Setelah medianya kendur, pot dibalik sehingga bibit dapat keluar dari pot. Bibit tersebut kemudian ditanam dalam pot penanaman yang telah diberi lubang pada medianya. Dalam satu wadah/emplas cukup diisi 1-2 bibit saja. Bila menanam 2 bibit, setelah tanaman agak besar salah satu tanaman yang kurang sehat atau pertumbuhannya kurang baik dapat dibuang. Setelah bibit ditanam, media dan tanaman disiram dengan air. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *