Pemilihan Lokasi Hidroponik

Pemilihan Lokasi Hidroponik

Sudah siap untuk mempraktekkan bertanam dengan sistem hidroponik ?

Sebelum memulai langkah Anda dalam mempraktekan budi daya tanaman dengan sistem hidroponik, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu persiapan-persiapan yang harus dipenuhi sebelumnya. Seperti cara budi daya yang lain, bertanam atau budi daya secara hidropnik juga membutuhkan beberapa persiapan. Persiapan itu meliputi pemilihan lokasi, greenhouse, media, pot, dan sarana irigasi, serta nutrien.

Pemilihan Lokasi

Di manakah lokasi yang tepat untuk dijadikan tempat budi daya tanaman secara hidroponik ? Bagaimana kondisinya ? Apa saja kriteria lokasi yang baik untuk budi daya tanaman secara hidroponik ?

Pemilihan lokasi untuk tempat produksi sangat penting, terutama bagi Anda yang akan berbisnis melalui hidroponik. Dengan menentukan lokasi yang tepat diharapkan dapat menekan biaya produksi sehingga keuntungan yang diperoleh dapat lebih tinggi. Bukankah ini yang Anda cari ?

Banyak pilihan lokasi yang ada, tetapi untuk menentukan dan memilih lokasi yang tepat, ada beberapa kriteria yang diperlukan, di antaranya:

  1. sesuai dengan syarat tumbuh tanaman;
  2. dekat dengan pusat sarana atau kebutuhan produksi;
  3. sarana jalan dan pengangkutan yang mudah, serta
  4. dekat dengan pasar.

Kriteria tersebut tidak mutlak harus ada atau terpenuhi, akan tetapi hal tersebut perlu disesuaikan seoptimal mungkin. Dengan terpenuhinya kriteria tersebut, diharapkan hasil produksi dapat memiliki kualitas maupun kuantitas yang baik bahkan lebih baik dibandingkan sistem lainnya. (rm)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *