Pemeliharaan Kultur Murni

Pemeliharaan Kultur Murni

Kultur murni umumnya ditanam pada media agar. Setelah inokulan (satu potong kecil miselium) dimasukkan pada media maka kultur murni cukup dibiarkan pada suhu ruang sampai tumbuh miselium baru. Tergantung macam medianya, miselium jamur tiram akan tumbuh memenuhi media hanya dalam beberapa hari sampai dua minggu. Kultur murni sebaiknya dibuat dengan beberapa tabung untuk keperluan stok yang akan disimpan dan kultur sediaan yang akan digunakan untuk membuat bibit induk. Kultur stok tidak boleh habis sehingga setiap membuat kultur, sebagian dijadikan kultur stok.

Banyaknya kultur sediaan tergantung banyaknya bibit induk yang akan dibuat. Kultur sediaan sebaiknya diperbanyak dalam cawan petri karena mempunyai luas permukaan yang lebar. Miselium jamur tumbuh di permukaan media agar. Oleh karena cawan petri permukaannya lebih lebar (diameter 9 cm) dari satu ose miselium maka massa miselium yang tumbuh di permukaan media dalam cawan petri lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan tabung reaksi. Miselium akan lebih mudah diambil sebagai inokulan apabila ditanam dalam cawan petri. Kultur dalam cawan petri tidak bertahan lama karena lapisan media yang tipis mudah kering. Sebaiknya kultur tersebut langsung digunakan semua sebagai inokulan untuk membuat bibit induk.

Kultur stok disimpan dalam bentuk kultur agar miring untuk cadangan sewaktu-waktu kultur sediaan terkena kontaminasi atau gagal saat membuat bibit induk. Kultur stok bisa juga disimpan dalam bentuk kultur cair atau kultur liofilik. Kultur liofilik apabila akan digunakan harus ditumbuhkan terlebih dahulu pada media agar menjadi miselium baru. Kelebihan kultur liofilik dapat disimpan untuk waktu yang sangat lama (sampai bertahun-tahun) apabila disimpan dalam refrigerator. Kultur agar miring atau kultur cair yang disimpan dalam refrigerator akan tahan disimpan selama 6-12 bulan. Kultur agar miring yang disimpan dalam suhu ruang hanya bertahan kurang lebih 1-2 bulan tergantung tinggi rendahnya suhu ruang.

“Agar daya simpan lebih lama, kultur agar miring atau kultur cair yang disimpan dalam refrigerator harus ditutup dengan sangat rapat untuk menghindari pengeringan. Penutup kapas pada tabung dilapisi lagi menggunakan plastik film atau dilapisi dengan lilin, lalu dikemas dalam kantong plastik. Setiap tabung kultur diberi label yang berisi kode, nama spesies, dan tanggal mulai penyimpanan. Tanggal mulai penyimpanan untuk menandai kultur yang telah kedaluwarsa. Kultur dalam media agar yang terlalu lama disimpan menyebabkan media menjadi kering sehingga miselium jamur juga kering dan mati.”

Dalam mengulturkan biakan murni untuk pemeliharaan, sebelum masa simpan habis, kultur murni bisa disubkulturkan kembali. Setelah miselium hasil subkultur tumbuh merata, disimpan kembali dengan teknik yang sama di dalam refrigerator. Untuk menandai hasil subkultur beri label seperti saat penyimpanan pertama, tetapi diberi tambahan kode subkultur. Namun, subkultur tidak bisa dilakukan berulang-ulang pada media sintetik karena akan mengakibatkan penurunan sifat dan viabilitas (daya tumbuh) pada media lignoselulosa. Cara subkultur pada media agar miring sebagai berikut.

  1. Ingat semua teknik kerja aseptis, menggunakan alat, bahan, tempat yang steril, dan tangan juga disterilkan.
  2. Keluarkan tabung kultur dari refrigerator, lalu biarkan di dalam suhu ruangan sampai suhu media kultur seperti suhu ruangan.
  3. Siapkan media agar (MEA atau PDA).
  4. Ambil satu ose miselium, lalu pindahkan dan letakkan di media agar miring yang baru. Tutup tabung kembali secepatnya menggunakan kapas.
  5. Inkubasikan pada suhu kamar selama 3-5 hari maka akan tumbuh miselium baru hasil subkultur.
  6. Hasil subkultur dikemas menggunakan kantong plastik untuk disimpan kembali di dalam refrigerator sebagai kultur stok. (ss)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *