Pembuatan Bibit Jamur

“Untuk mendapatkan bibit jamur yang berkualitas, bisa diperoleh dari bahan tanam unggul yang prosesnya terhindar dari kontaminan.”

Kultur murni tanpa kontaminasi merupakan salah satu syarat bibit jamur yang bermutu.

Kultur murni tanpa kontaminasi merupakan salah satu syarat bibit jamur yang bermutu.

Tidak seperti tanaman lain yang indukannya bisa langsung ditanam dari plasma nutfah tanaman induknya, plasma nutfah jamur disimpan dalam bentuk miselium kering beku atau melalui pemeliharaan miselium dengan teknik kultur murni. Kultur murni ini yang kemudian dijadikan sebagai bibit penjenis.

Bibit dasar/bibit induk adalah bibit yang dibuat menggunakan sumber bibit berupa kultur murni. Bibit pokok dan bibit sebar merupakan keturunan dari bibit dasar/induk dan bibit pokok. Bibit pokok ditujukan sebagai bibit stok yang dapat diperbanyak menjadi bibit sebar. Bibit sebar memang nantinya disebar (dalam arti tanam) pada media tanam (baglog) sebagai bibit semai yang disiapkan untuk produksi badan buah sampai siap panen.

Berdasarkan mutu genetiknya, bibit dibedakan menjadi empat kelas sebagai berikut.

1. Bibir penjenis (breeder seed) atau disingkat BS, diproduksi dan diawasi oleh pemulia jamur sebagai sumber perbanyakan bibit dasar.

2. Bibit dasar (foundation seed) atau disingkat BD merupakan keturunan pertama dari BS yang diproduksi di bawah bimbingan intensif dan pengawasan ketat sehingga dapat terpelihara kemurniannya.

3. Bibit pokok (stock seed) atau disingkat BP merupakan keturunan dari BD yang diproduksi dan dipelihara sehingga identitas dan tingkat kemurniannya terpelihara dan memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

4. Bibit sebar (extention seed) atau disingkat BR berasal dari bibit penjenis, bibit dasar, ataupun bibit pokok yang diproduksi dan dipelihara dengan baik sehingga identitas dan tingkat kemurniannya memenuhi standar mutu yang ditetapkan. (ss)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *