Pembuatan Biakan Induk Jamur Tiram

Pembuatan Biakan Induk Jamur Tiram

Membuat biakan induk tidak jauh berbeda dengan membuat biakan murni. Letak perbedaannya hanyalah pada bibit yang digunakan. Jika pembuatan biakan murni menggunakan tubuh jamur tiram atau hifa murni, maka pembuatan biakan induk menggunakan bibit yang berasal dari biakan murni. Pembuatan biakan induk tidak mutlak harus dilakukan, artinya pembibit hanya perlu membuat biakan murni kemudian memperbanyaknya menjadi bibit produksi.

Membuat biakan induk juga harus dalam kondisi steril seperti halnya pada pembuatan biakan murni. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

  • Siapkan tempat yang berisi biakan murni dan dalam keadaan tertutup. Ambil pinset, celupkan dalam alkohol dan lewatkan pada api spiritus.
  • Setelah agak dingin, ambil sekelumit agar-agar berselaput putih (biakan murni), kemudian tanam dalam media baru sedalam 1/3 bagian media.
  • Untuk menjaga sterilisasi, pastikan wadah dalam kondisi tertutup kembali setelah proses dilakukan.
  • Inkubasi dilakukan pada ruangan dengan suhu sejuk antara 20°C-30°C selama 3-4 hari. Jika selaput putih bertambah, berarti inokulasi berhasil. Biarkan selama beberapa hari hingga selaput putih memenuhi wadah.
  • Jika sebaliknya, berarti gagal. Segera lakukan pembongkaran media, wadah dicuci dan disterilkan agar bisa digunakan lagi.

Semoga bermanfaat. (w/kd)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *