Pemberian Zat Tumbuh

Pemberian Zat Tumbuh

Zat perangsang tumbuh diberikan untuk memacu pertumbuhan tanaman seperti pembentukan tunas, pembungaan, pembuahan, dan mempercepat kematangan buah. Pada waktu masih muda, tanaman dapat diberi zat perangsang tumbuh, misalnya Atonik dengan dosis 2 cc/L. Zat perangsang tumbuh diberikan 3 hari setelah tanam dan selanjutnya 1-2 kali seminggu.

Setelah tanaman agak dewasa (saatnya berbunga), tanaman disemprot dengan pupuk yang mengandung P dan K tinggi seperti Vitablom, Dharmasri, Gandasil, atau Dekamon. Dosisnya sesuai dengan yang tercantum pada label kemasan. Penyemprotan dilakukan satu minggu sekali sampai satu bulan sebelum tanaman dibongkar (tidak produktif).

Untuk memacu perkembangan buah, dapat dilakukan pemotongan pucuk tanaman setelah tingginya sekitar 2 m. Dengan pemotongan ini, pertumbuhan vegetatif akan terhenti dan energi yang digunakan dapat disalurkan untuk perkembangan buah.

Khusus untuk tanaman yang buahnya berwarna (paprika dan tomat), pemerahan buah dapat dipercepat dengan pemberian Ethrel. Ethrel diberikan dengan mengoleskannya pada buah menggunakan kuas. Konsentrasi Ethrel yang sesuai 25 mL/L. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *