Pemangkasan Tanaman Hidroponik

Pemangkasan Tanaman Hidroponik

Pemangkasan tanaman ada dua macam, yaitu pemangkasan untuk memilih batang produksi dan pemangkasan untuk pemeliharaan.

a. Pemangkasan untuk memilih batang produksi

Batang yang tumbuh kadang-kadang lebih dari satu. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemilihan batang agar tanaman dapat berproduksi secara maksimal.

Batang produksi yang dipelihara untuk tanaman mentimun umumnya hanya satu. Pada tanaman paprika dan tomat yang dipelihara dapat satu atau dua batang. Untuk mendapatkan dua batang produksi, batang utama dipangkas terlebih dahulu. Pemotongan pucuk tanaman dilakukan segera sesudah tanaman dipindah ke lapang. Di bawah pangkasan tersebut akan keluar beberapa cabang, bila cabangnya lebih dari dua, berarti harus dilakukan pemilihan cabang (batang produksi).

Cara memilih batang produksi adalah sebagai berikut.

  1. Dipilih dua batang yang sehat, pertumbuhannya baik, dan mempunyai jarak berjauhan.
  2. Batang yang tidak terpakai dipatahkan dengan tangan. Sebaiknya tidak menggunakan alat bantu lainnya karena dengan memakai tangan, luka yang terjadi sama dengan luka alami sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

b. Pemangkasan untuk Pemeliharaan

Pemangkasan untuk pemeliharaan yaitu pemangkasan bagian-bagian tanaman yang tidak berguna (produktif). Bagian yang dipangkas antara lain sebagai berikut.

Daun semu di antara ketiak batang paprika perlu dipangkas karena daun tersebut hanya menyerap energi yang banyak tetapi tidak berguna.

Sulur yang tumbuh di ketiak daun mentimun lebih baik dibuang karena fungsi sulur dapat digantikan dengan tali penopang tanaman.

  1. Daun-daun bagian bawah yang tua dan tidak aktif lagi, tunas air, cabang yang tidak dipelihara, bunga yang layu, dan buah yang busuk perlu dibuang.
  2. Bunga tomat dan paprika yang tumbuh terlalu banyak perlu diperjarang dengan memelihara bunga secara berselang-seling. Misalnya cabgan 5 dipelihara, cabang 6 dibuang, cabang 7 dipelihara, dan seterusnya.
  3. Dengan membuang bagian-bagian tersebut berarti energi dapat dialihkan untuk bagian lain seperti pembungaan, pembuahan, atau pembesaran buah. (hp/yhi)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *