Pelatihan Hidroponik di Pekarangan

Program Hidoponik

Manfaat Budidaya Hidroponik di Pekarangan

Pelatihan hidroponik yang dirancang untuk bisa diterapkan di pekarangan rumah ini merupakan salah satu bentuk pelatihan yang diperuntukkan bagi mereka yang:

  • Menginginkan pekarangan rumah (baik depan/belakang) dihiasi oleh tanaman yang selain bisa menambah hijau dan indah juga bisa dikonsumsi
  • Menginginkan sayuran sehat bebas residu pestisida karena proses penanamannya bisa dilakukan dan diawasi oleh diri sendiri tanpa menggunakan pestisida yang berbahaya bagi tubuh
  • Ingin bertani tapi terkendala oleh lahan sempit
  • Ingin bertani tapi tidak mau kotor-kotoran dan ribet dengan media tanah
  • Ingin menyalurkan kegiatan positif dan bermanfaat bagi keluarga dengan menanam sayuran di depan rumah
  • Ingin Menghilangkan stress dan menyehatkan badan, karena selain menghasilkan sayuran sehat, aktivitas bertani dengan menanam sayuran hidroponik juga menyehatkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Inilah rahasia yang menyebabkan petani panjang umur.

Lahan Sempit Tetap Bisa Menanam

Dewasa ini, perkembangan industri semakin maju dengan pesat. Perkembangan tersebut banyak menggeser lahan pertanian, terlebih di daerah sekitar perkotaan. Akibatnya, lahan pertanian semakin sempit. Di sisi lain, kebutuhan akan hasil pertanian semakin meningkat seiring dengan peningkatan populasi manusia (Prihmantoro dan Indriani 2005). Adakah jalan keluar untuk mengatasi hal ini ?

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produktivitas tanaman. Walaupun lahan pertanian yang tersedia sempit, namun diharapkan dapat memproduksi tanaman dengan kuantitas dan kualitas yang baik. Hal yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan hidroponik.

Bertanam tidak lagi harus menggunakan tanah. Tanah hanyalah salah satu media utama untuk semua jenis tanaman. Namun, yang sesungguhnya dibutuhkan tanaman untuk tumbuh adalah kandungan unsur hara yang ada di dalam tanah. Jika unsur hara tersebut ada di dalam air, maka air pun dapat menyuburkan tanaman. Tidak semua tanaman dapat dikembangbiakan pada media air, misalnya tanaman dengan batang yang besar seperti mangga. Namun tanaman berupa sayur-sayuran pada umumnya dapat ditanam dengan media air.

Meskipun memanfaatkan kebutuhan air, budi daya dengan sistem hidroponik cenderung lebih sedikit dalam menggunakan air dibandingkan budi daya dengan tanah. Hal tersebut lah yang menyebabkan cara tanam dengan hidroponik lebih efisien. Terlebih jika diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air terbatas.

Hidroponik muncul sebagai alternatif pertanian pada lahan terbatas. Dengan sistem ini memungkinkan sayuran ditanam di pekarangan rumah, daerah kurang subur atau daerah sempit yang padat penduduknya. Hidroponik sangat mungkin dikembangkan di rumah-rumah dengan lahan sempit maupun lahan yang luas untuk tujuan komersial. Terlebih bahan yang digunakan adalah bahan dari barang bekas dan sampah plastik yang justru membantu menjaga lingkungan hidup. Nutrisi pun bisa dibuat sendiri dengan beberapa cara yang sangat mudah.

Mengingat pentingnya pengembangan budi daya tanaman secara hidroponik, kami menghadirkan pelatihan hidroponik untuk membimbing masyarakat yang ingin belajar dan mempraktekkan budi daya tanaman secara hidroponik agar dapat dilakukan dengan mudah.

Materi Pelatihan

  • Pengenalan hidroponik
  • Unsur penting dalam hidroponik
  • Media tanam hidroponik
  • Pemberian nutrisi pada tananaman hidroponik
  • Pengendalian hama dan penyakit hidroponik
  • Langkah-langkah bertanam hidroponik
  • Praktek bertanam dayuran hidroponik
  • Belajar membuat instalasi hidroponik dari PVC

Biaya

Biaya pelatihan ini adalah Rp500.000,-

Apakah harga ini mahal? Tentu saja Anda bisa membandingkan dengan pelatihan serupa dengan searching di google. Di sini tentu lebih murah. Selain itu, lihat apa yang didapat setelah pelatihan. Anda akan mendapatkan bekal ilmu dan bekal peralatan hidroponik yang bisa langsung Anda praktekkan di rumah.

Waktu: Hari Sabtu, 8 Oktober 2016

Kami memiliki hari Sabtu sebagai Sabtu Berkebun. Oleh karena itu, kami akan senantiasa siap melayani masyarakat Indonesia yang ingin belajar hidroponik pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016. Jika ingin mengikuti pelatihan di hari lain, silahkan hubungi customer service (CS) kami di bawah ini.

Tempat

Di Studio Hidroponik, Kantor Daqu Agrotechno, Jalan Kresna Raya No. 56, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor 16153 – Jawa Barat

Fasilitas

Sertifikat, modul training, konsumsi (snack dan makan), paket instalasi hidroponik yang sudah siap tanam di rumah, benih tanaman, free konsultasi group/sharing, pelatihan hidroponik ini dirancang untuk bisa langsung praktek dan insyaAllah bisa langsung budidaya hidroponik.

Info Lebih Lanjut

Bagi yang berminat mengikuti pelatihan hidroponik bisa langsung menghubungi CS kami di telepon/SMS/WA: 0822-9889-1144