Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Bersama Daqu Agrotechno di Kawasan Puncak, Jawa Barat

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Bersama Daqu Agrotechno di Kawasan Puncak, Jawa Barat

Puncak, Jabar – Pada Sabtu (27/2) dan Minggu (28/2), para peserta pelatihan budidaya jamur tiram tampak semangat menyimak penjelasan instruktur di Pusat Pengembangan dan Pelatihan Jamur Tiram (P3JT) Daqu Agrotechno. Lokasi yang dikelilingi oleh areal pertanian dan view pegunungan kian menambah sejuk suasana pelatihan. Bangunan panggung tempat pelatihan terbuat dari kayu dan bambu ala pedesaan telah membuat para peserta kian betah.

P3JT Daqu Agrotechno terletak di Puncak, tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. P3JT Memiliki empat rumah jamur dengan kapasitas masing-masing 28.000 baglog, tempat pembuatan baglog (media tanam jamur), tempat pembiakan bibit jamur F0-F2, dan tempat penampungan jamur hasil panen.

Proses budidaya jamur tiram di P3JT telah dilakukan melalui siklus dan proses yang lengkap sehingga para peserta budidaya jamur tiram dapat mempelajarinya secara mendalam, dari A sampai Z. Mulai dari pembibitan hingga pemasaran, dari teori hingga praktek.

Yang menjadi nilai tambah, tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, peserta juga diberikan tausiyah dan motivasi ruhiyah, yaitu tentang pertanian yang sesuai dengan prinsip bertani sunnatullah. Hal ini disampaikan oleh ustadz dan juga lulusan doktor Institut Pertanian Bogor, Dr. Ir. H. Samsudin, Msi. Semua peserta terhibur dan termotivasi, bahkan ada yang meminta sesi materi motivasi ini diperpanjang.

Usai pelatihan, peserta masih diberikan service berupa konsultasi gratis selama tiga bulan. Mereka dikumpulkan dalam satu group media social, dimana mereka bisa bertanya langsung kepada pemateri dan berdiskusi sesama peserta pelatihan.

Daqu Agrotechno membatasi peserta pelatihan hanya untuk 15 orang. Hal ini dikarenakan agar peserta dapat belajar dan praktek secara optimal dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak. Semua peserta pelatihan sangat antusias ketika melakukan praktek langsung pembudidayaan jamur tiram. Beberapa dari peserta mengungkapkan, pelatihan ini semacam hiburan tersendiri ditengah hiruk pikuk dunia kerja. Mereka senang bisa belajar langsung belajar budidaya jamur tiram dilapang sekaligus berminat melakukan usaha budidaya jamur tiram guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Adapun tujuan dari pelatihan ini secara umum agar para peserta mampu memahami dan menguasai keterampilan budidaya jamur tiram, mulai dari mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembudidayaan jamur tiram, mengetahui dan mempraktekkan secara langsung cara pembuatan media tanam, packing baglog, pembibitan, pembuatan kumbung, penanaman, perawatan, dan penanganan pasca panen serta mengatahui potensi pasar jamur.

Daqu Agrotechno memfasilitasi penginapan dan konsumsi bagi para peserta pelatihan. Peserta diinapkan di hotel bintang empat Casa Monte Rosa. Panita berharap dengan fasilitas penginapan yang memadai, udara segar dan pemandangan asri di hotel menjadikan para peserta tetap semangat mengikuti pelatihan hingga tuntas. Daqu Agrotechno ingin memberikan pelayanan yang optimal kepada para peserta agar para peserta bisa fokus belajar budidaya jamur tiram dengan nyaman.

Hasil evaluasi post test pelatihan yang dibagikan panitia, 100 persen panitia merasa puas. Mereka mengaku materi yang diberikan lengkap, fasilitas memadai, selain itu peserta bisa membawa jamur segar yang dipanen sendiri, serta membawa baglog jamur untuk mereka tumbuhkan jamurnya di rumah masing-masing.

Mengingat banyaknya minat masyarakat terhadap pelatihan budidaya jamur tiram yang kami selenggarakan di P3JT Daqu Agrotechno, maka pelatihan budidaya jamur tiram ini akan dilakukan secara rutin. Bagi Anda yang berminat mengikuti pelatihan, silahkan baca informasi Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di sini. (dip/nit)

pelatihan2

Peserta Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

 

tempat penginapan peserta pelatihan

Tempat penginapan peserta pelatihan

 

Penjelasan teori Budidaya Jamur Tiram

Penjelasan teori Budidaya Jamur Tiram

 

Peserta praktek membuat baglog (media tanam jamur)

Peserta praktek membuat baglog (media tanam jamur)

 

antusiasme peserta mempraktekkan pembuatan baglog

Antusiasme peserta mempraktekkan pembuatan baglog

 

Instruktur memberikan pengarahan saat praktek pembuatan bibit

Interaksi intruktur dan para peserta saat praktek pembuatan bibit jamur

 

Instruktur memberikan pengarahn saat praktek pembuatan bibi jamur

Instruktur memberikan pengarahan saat praktek pembuatan bibi jamur

 

Peserta memetik langsung jamur tiram di rumah jamur (kumbung)

Peserta memetik langsung jamur tiram di rumah jamur (kumbung)

 

Peserta memangkas akar jamur sebagai bagian dari praktek panen jamur tiram

Peserta memangkas akar jamur sebagai bagian dari praktek panen jamur tiram

 

Peserta sedang memanen jamur tiram

Peserta sedang memanen jamur tiram

 

Peserta sedang melakukan pengamatan jamur tiram di rumah jamur

Peserta sedang melakukan pengamatan jamur tiram di rumah jamur

7 Comments

  1. Keren topbgt,

    Reply
  2. Bermanfaat sekali, mudah2n bisa mengikuti..

    Reply
  3. Petani itu kereeen !!!

    Reply
  4. Ane kepencut Insya Allah ngikut – ada kurang gamblang dikit biaya akomodasi – spy duit g kurang tpi bs dijangkau.

    Reply
    • Terkait fasilitas, paket pelatihan dan biaya, tempat, waktu, serta cara pendaftaran dapat dilihat di http://bit.ly/1P7I4tc
      Atau bisa menghubungi CS kami di 0822-9889-1144.
      Terimakasih.

      Reply
  5. Udah terrmasuk biaya penginapan disana min?

    Reply
    • iya betul, Pak. Apabila Bapak berminat mengikuti pelatihan, silahkan menghubungi CS kami.

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *