Panen

Panen merupakan saat yang dinantikan. Hasil yang melimpah dengan kualitas yang prima idaman semua orang. Dengan teknik yang benar, keinginan ini dapat terpenuhi. Waktu panen untuk tanaman paprika, tomat, dan mentimun berbeda-beda. Kadang-kadang satu tanaman dipanen pada saat berbeda pula, tergantung permintaan pasar.

Paprika merah dan hijau bertumbuh di dalam greenhouse

Paprika dapat dipanen saat buah masih hijau atau setelah matang (berwarna merah atau kuning). Bila dipanen saat buah masih hijau maka dipilih buah yang masih hijau tetapi sudah tua. Buah yang telah tua jika diketuk akan berbunyi nyaring. Ciri lain buah tua yaitu berwarna hijau tua, kulitnya licin mengilap, daging buah tebal dan keras, serta lekukan buah hampir tidak kelihatan. Kematangan buah dapat pula diperhitungkan berdasarkan umurnya. Biasanya buah yang telah matang berumur 4-5 minggu setelah polinasi.

Panen paprika yang matang ditandai dengan buah yang 90% berwarna merah, atau umurnya 3 minggu setelah buah tua berwarna hijau (dipanen hijau).

Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan dilakukan secara manual (dengan tangan). Buah yang sudah cukup umur untuk dipanen umumnya waktu dipetik mudah terlepas dan luka yang timbul akan mudah sembuh.

Dalam satu tanaman paprika dapat dipanen sekitar 10-12 buah. Berat rata-rata per buah 200 g. Berarti satu tanaman mampu menghasilkan sekitar 2 kg buah (selama 6 bulan).

verve_shutterstock_lifestyle_2016_35

Buah tomat juga dapat dipanen sewaktu masih berwarna hijau sebagian atau setelah semua berwarna merah. Panen dilakukan pada saat tanaman berumur 6-7 minggu setelah tanam. Ciri buah tomat yang telah siap dipanen berwarna sesuai dengan yang diinginkan (hijau, orange atau merah), bentuk buah telah sempurna, dan buah tidak terlalu keras lagi. Sebatang tanaman tomat dapat menghasilkan sekitar 5 kg buah (selama 6 bulan).

grow-cucumbers-jpg-653x0_q80_crop-smart

Mentimun biasanya berbunga setelah berumur 2,5- 3 bulan. Selanjutnya 7-10 hari (maksimal 2 minggu) kemudian buah mentimun telah dapat dipetik. Panen mentimun pun tergantung dari permintaan. Mentimun dapat dipanen sewaktu buah masih muda dan berukuran kecil atau setelah besar dan agak tua. Dalam satu tanaman mentimun dapat dipanen sekitar 5-10 buah atau sekitar 6 kg (selama 3 bulan).

Pemanenan selada dilakukan setelah tanaman berumur 1 bulan. Tanaman sawi dapat dipanen pada umur 1 bulan setelah tanam atau dapat pula pada umur 10 hari untuk dijadikan baby caisim. Seledri dipanen pada umur 2 bulan, sedangkan kangkung dan bayam pada umur 25-30 hari.

Cara memanen selada, sawi, seledri, kangkung, dan bayam cukup dengan mencabutnya. Oleh karena medianya berupa pasir maka pencabutan tersebut dapat dilakukan dengan mudah. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik ? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *