Panen Raya Jamur Tiram Bersama Ustadz Yusuf Mansur

Panen Raya Jamur Tiram Bersama Ustadz Yusuf Mansur

Pusat Pengembangan dan Pelatihan Jamur Tiram (P3JT) didirikan oleh Daqu Agrotechno di atas lahan wakaf Daarul Quran seluas 8.000 m2. Lahan wakaf yang diamanahkan kepada Daarul Quran itu kemudian dikelola oleh Daqu Agrotechno (salah satu jejaring ekonomi Daarul Quran). P3JT terletak di kawasan puncak tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cimacan, Kabupaten Cianjur.

Tujuan P3JT adalah menjadi pusat pengembangan dan pelatihan jamur tiram untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat serta membiayai operasional rumah tahfidz bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan P3JT senantiasa melibatkan masyarakat sekitar. Adapun kegiatan yang dilakukan di P3JT adalah:

  1. Melakukan budidaya jamur tiram
  2. Membuka jasa pelatihan budidaya jamur tiram bagi semua kalangan
  3. Melakukan pengolahan pasca panen jamur tiram berupa jamur krispi
  4. Membuka peluang bagi masyarakat menjadi plasma budidaya jamur
  5. Membangun rumah tahfidz yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar P3JT

 

Target pembangunan kumbung (rumah jamur) di P3JT sebanyak 8 unit dengan total kapasitas baglog (media tumbuh) 200.000 baglog. Dengan kapasitas tersebut, bisa menghasilkan jamur 9 kuintal hingga 1 ton per hari.

Untuk tahap awal, di enam bulan pertama pendirian P3JT, telah terbangun 2 kumbung (rumah jamur) dengan total kapasitas 50.000 baglog (media tumbuh jamur). Dengan kapasitas tersebut, produksi jamur tiram mencapai 2 kuintal jamur segar per hari. Dan pada pertengahan bulan Mei 2015, baglog jamur tiram siap dipanen. Sebagai informasi, baglog jamur bisa dipanen setiap hari selama 4 bulan.

Keunggulan produk jamur di P3JT dibanding tempat lain yaitu memiliki keunggulan produk dan keunggulan sosial.

Keunggulan produk jamur antara lain: 1) produk yg dihasilkan sehat krn tdk menggunakan pestisida kimia dlm pengendalian hama di dalam kumbung, 2) jamur yg dihasilkan grade A, fresh secara fisik krn dipanen dlm umur yg tidak terlalu tua. 3) jamur yg dihasilkan adalah jamur yg tumbuh dr proses budidaya yg terkontrol ketat pada setiap tahapannya, di samping itu jamur tumbuh dalam suhu yg optimal utk pertumbuhan jamur, yaitu daerah puncak.

Keunggulan aspek sosial adalah: 1) dlm proses budidaya mempekerjakan masyarakat sekitar; 2) membuka peluang bagi masyarakt sekitar yg ingin belajar dan bergabung menjadi plasma, 3) sebagian keuntungan usaha jamur akan dikembalikan kepada masyarakat dlm bentuk pendidikan ahklak dan alquran dengan membangun rumah tahfidz gratis utk masyarakat.

Oleh karena itu, pada momen panen jamur tersebut, pada tanggal 19 Mei 2015 akan diselenggarakan panen raya jamur yang dihadiri oleh ustadz Yusuf Mansur. Acara ini juga akan dihadiri oleh berbagai pihak, seperti Bupati Cianjur, Pengusaha, Tokoh Masyarakat, pemerintah camat dan Desa, serta masyarakat sekitar lokasi P3JT di Desa Ciloto.

Perlu diketahui, bangunan Rumah Tahfidz saat ini dalam proses pembangunan dan diharapkan pada bulan Juni 2015 sudah bisa berjalan proses belajar mengajar dan penghapalan al-quran bagi masyarakat sekitar (dip).

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *