Nutrien untuk Hidroponik

Nutrien untuk Hidroponik

Poin terakhir persiapan umum dalam pembahasan mengenai hidroponik adalah nutrien, setelah sebelumnya kita membahas pemilihan lokasi, greenhouse, media, pot atau wadah, serta sarana irigasi untuk hidroponik. Bagaimana, apakah Anda sudah siap membudidayakan tanaman dengan sistem hidroponik ?

Tunggu dulu, ada poin yang tidak kalah penting dalam persiapan umum hidroponik yaitu nutrien.

Dalam sistem hidroponik, pemberian nutrien sangat penting karena dalam medianya tidak terkandung zat hara yang dibutuhkan tanaman. Berbeda dengan penanaman di tanah. Tanah sendiri telah mengandung zat hara sehingga pemupukan hanya bersifat tambahan. Jadi, pemberian nutrien untuk tanaman hidroponik harus sesuai jumlah dan macamnya serta diberikan secara kontinu.

Nutrien yang diberikan ada beberapa macam yang dapat digolongkan menjadi 2 yaitu nutrien yang mengandung unsur makro dan yang mengandung unsur mikro. Nutrien yang mengandung unsur makro yaitu nutrien yang dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti N, P, K, S, Ca, dan Mg. Nutrien yang mengandung unsur mikro merupakan nutrien yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit seperti Mn, Cu, Mo, Zn, dan Fe. Walaupun dalam jumlah sedikit, unsur mikro ini harus tetap ada.

Unsur-unsur tersebut dibutuhkan tanaman karena mempunyai fungsi sendiri-sendiri dalam membantu kelangsungan hidup tanaman.

Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

No. Unsur Fungsi
1. Nitrogen memacu pertumbuhan daun dan batang serta membantu pembentukan akar. Oleh karenanya, unsur ini penting untuk tanaman sayuran.
2. Fosfor membantu pembentukan bunga dan buah serta mendorong pertumbuhan akar muda.
3. Kalium membantu pembentukan bunga dan buah serta menguatkan tanaman.
4. Kalsium membantu pertumbuhan ujung-ujung akar dan pembentukan bulu akar.
5, Magnesium ikut dalam pembentukan zat hijau daun dan menyebarkan unsur fosfor ke seluruh tanaman.
6. Sulfur (belerang) bersama unsur fosfor dapat meningkatkaan kerja unsur lain dan memproduksi energi.
7. Ferum ikut dalam pembentukan zat hijau daun dan menghasilkan klorofil serta membantu pembentukan enzim pernapasan.
8. Mangan ikut dalam pembentukan zat hijau daun dan membantu penyerapan nitrogen.
9. Borium membantu pertumbuhan meristem.
10. Seng (Zn) ikut dalam pembentukan auxin (hormon tumbuh).
11. Molibdenum berperan dalam mengikat Nitrogen sehingga penting untuk sayur-sayuran.

Nutrien untuk hidroponik dapat diperoleh dengan meramu sendiri atau membelinya dalam bentuk jadi. Nutrien hasil ramuan sendiri biasanya digunakan oleh orang yang menjadikan budi daya hidroponik sebagai suatu usaha. Dengan meramu sendiri, tanaman mendapatkan unsur-unsur yang benar-benar dibutuhkan dengan dosis yang tepat. Nutrien jadi yang diperoleh dengan cara membeli umumnya dilakukan oleh para hobiis. Para hobiis memilih cara ini karena lebih praktis.

Nutrien hasil ramuan sendiri

Banyak resep yang dijadikan patokan. Namun, yang terbaik adalah hasil percobaan sendiri. Dengan menggunakan resep sendiri, berarti dapat menghasilkan produk berkualitas yang berbeda dengan yang lain. Perlu diingat bahwa di masa tanaman dalam pertumbuhan vegetatif (batang dan daun), unsur N diberikan lebih banyak. Sebaliknya di masa pertumbuhan generatif (bunga dan buah), unsur P lebih banyak. Untuk tanaman sayur yang berdaun karena tidak sampai masa generatif maka selama pemeliharaan unsur N diberikan lebih dari unsur yang lain.

Cara meramu nutrien pada dasarnya sama yaitu bahan-bahan yang ada harus dicampur secara merata. Dalam penggunaan hasil ramuan perlu diperhatikan takarannya karena hasil ramuan umumnya banyak sedangkan penggunaannya hanya sedikit. Sewaktu akan menggunakan nutrien, jumlah yang dilarutkan disesuaikan kebutuhan karena nutrien tersebut akan aman bila disimpan dalam keadaan kering. Dalam keadaan basah dikhawatirkan ada unsur-unsur yang berubah.

Membeli nutrien jadi

Nutrien jadi di pasaran telah banyak beredar. Perlu diperhatikan bahwa untuk sayuran diperlukan unsur N yang tinggi. Oleh karena itu, sebelum membeli sebaiknya dibaca dahulu komposisi unsurnya. Beberapa contoh nutrien jadi antara lain Margaflor, Hyponex, Vitabloom, Gandasil, dan Supergrow. Dosis pemakaian disesuaikan dengan yang tertera di label produknya. Namun, untuk bibit atau tanaman muda, nutrien dapat diberikan setengah dosis. (hp/yhi)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hidroponik? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *