Modernisasi Pertanian, Upaya Kementan Tingkatkan Jumlah Petani

Modernisasi Pertanian, Upaya Kementan Tingkatkan Jumlah Petani

Fenomena terus menurunnya jumlah petani jelas menjadi sebuah keprihatinan bagi bangsa. Sebab merosotnya jumlah petani akan segaris dengan menurunnya produktivitas sektor pertanian.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Harry Priyono mengatakan bahwa hingga saat ini banyak langkah yang dilakukan oleh pihak Kementan agar para petani semakin mencintai profesinya. Salah satu diantaranya dengan melakukan modernisasi di sektor pertanian.

“Langkah modernisasi di sektor pertanian ini menjadi salah satu upaya kementan agar para petani semakin mencintai profesinya sebagai petani dan menarik anak-anak muda supaya bisa aktif di sektor pertanian,” demikian kata Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Harry Priyono saat hadir dalam acara rapat kerja Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Hotel Redtop Jakarta, Rabu (27/4).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa hingga saat ini total petani tanah air sudah mencapai 100 juta jiwa, dan diharapkan jumlah petani yang sungguh-sungguh mencintai profesinya akan terus bertambah sehingga upaya peningkatan produksi di sektor pangan bisa terwujud.

“Kita berharap jumlah petani ini terus meningkat dan semangat petani untuk mencapai swasembada pangan yang bersumber dari rasa cintanya dengan profesi sebagai petani terus meningkat pula,” demikian tungkasnya.

Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *