Miliki Pengetahuan dan Pengalaman Budidaya Jamur

Miliki Pengetahuan dan Pengalaman Budidaya Jamur

Penguasaan membuat bibit bisa didapatkan seiring dengan proses membudidayakan jamur. Cara ini sesuai untuk pengusaha yang telah memiliki usaha budidaya jamur tiram maupun yang belum melakukan budidaya jamur. Dalam usaha budidaya jamur konsumsi, pengetahuan pertama yang mudah dikuasai adalah cara memelihara baglog untuk produksi jamur. Baglog bisa diperoleh dengan cara membeli yang telah ditanami bibit sehingga hanya perlu melakukan pemeliharaan hingga badan buah tumbuh. Pengalaman memelihara bibit semai hingga pemanenan badan buah bisa dijadikan bekal balam memahami sifat-sifat dan syarat hidup jamur secara detail. Dengan demikian, ketika akan terjun ke usaha pembibitan jamur (bibit dasar, bibit pokok, bibit sebar, atau bibit semai) sudah cukup paham dengan kebutuhan hidup jamur tiram.

Secara teknik, prinsip pembuatan bibit sebar, bibit pokok, dan bibit dasar sama, yang membedakan hanya sumber bibit yang digunakan. Sebagai contoh, kultur murni digunakan sebagai sumber bibit untuk pembuatan bibit induk, sementara bibit induk digunakan sebagai sumber bibit untuk pembuatan bibit pokok. Pemahaman dasar seperti ini dianggap sudah cukup bila ingin memulai usaha pembibitan jamur tiram. Cara lain untuk menguasai pembuatan bibit adalah dengan belajar langsung dari ahlinya. Dengan demikian, tanpa harus membuat usaha produksi badan buah jamur pun, proses produksi bibit dapat dikuasai. Namun, untuk menguji bibit menghasilkan produksi tinggi atau tidak, tetap perlu diuji coba dalam skala kecil hingga tahapan budidayanya. (ss)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *