Menyiapkan Kambing Qurban Istimewa

Purworejo (18/7). Sejak sebelum Ramadhan 1439 H, warga Kampung Quran Rukem, Purworejo kedatangan puluhan ekor kambing jenis Jawa. Kambing ini sengaja didatangkan untuk mempersiapkan adanya Hari Raya Qurban pada 22 Agustus 2018 mendatang. PPPA Daarul Qur’an bekerjasama dengan Daqu Agrotechno dan Quis (Qurban istimewa) memberikan modal bibit kambing untuk warga Kampung Quran Rukem, Purworejo untuk dibudidayakan. Menjelang Hari Raya Qurban 2018, kambing-kambing ini akan dijual kembali. Keuntungan dari penjualan kambing ini nantinya akan dikembalikan pada warga yang membudidayakan kambing-kambing sampai bobot yang sudah ditentukan secara maksimal dengan sistem bagi hasil.

Total ada 25 kambing yang dibudidayakan di Kampung Quran Rukem, Purworejo dan dibagi kepada 11 KK. Awal mula datang, bobot bibit kambing yang didistribusikan berkisar antara masih di bawah 20 kg dengan target bobot saat Hari Raya Qurban 2018 nanti mencapai kisaran 28-30 kg.

Warga Kampung Quran Rukem, Purworejo sebelumnya sudah terbiasa membudidayakan kambing jenis Ettawa hingga meminimalisir kendala dan resiko saat penggemukan hewan stok Qurban. Hanya sedikit kendala yang terjadi seperti rumput mulai sulit didapatkan karena sudah memasuki bulan kemarau, namun dengan mudah diganti dengan dedaunan yang melimpah di sekitar Kampung Quran Rukem yang berlokasi di perbukitan Pajangan yang selalu rimbun sepanjang tahun.

Ke depannya warga siap membudidayakan lebih banyak kambing lagi sebagai stok hewan Qurban dan program Aqiqah Istimewa yang melayani wilayah Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta. Warga merasa sangat diuntungkan karena selain mendapatkan bagi hasil dari penjualan kembali, kotoran kambing bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Warga siap menyiapkan lahan untuk menanam rumput yang akan digunakan untuk pakan kambing, agar nantinya bisa menjadi persediaan saat musim kemarau datang dan untuk memperluas kandang untuk menampung lebih banyak stok hewan.

Pak Sunarto, salah satu warga Kampung Quran Rukem mengucapkan terimakasih kepada PPPA Daarul Quran, DAQU Agrotechno, dan Qurban Istimewa atas kepercayaan dan kerjasama yang diberikan. Semoga kambing-kambing ini nantinya bisa dimanfaatkan dan didistribusikan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan saat Hari Raya Qurban khususnya oleh tim Quis (Qurban Istimewa) selaku pelaksana kegiatan penyaluran hewan kurban 1439 H.

 

Sumber:

https://pppa.or.id/berita/7523/Menyiapkan-Kambing-Qurban-Istimewa

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *