Menyemai (Menginokulasi) Bibit ke dalam Media Tanam Jamur (Baglog)

Langkah terakhir dalam pembuatan media tanam jamur (baglog) adalah proses pendinginan, setelah baglog mengalami proses pendinginan, baglog siap untuk diberi bibit. Penanaman bibit dilakukan di dalam baglog yang sudah dingin dan sebaiknya dilakukan di ruang inokulasi, yaitu ruang khusus yang bersih dan tertutup dan tidak banyak orang yang keluar-masuk ruangan tersebut. Pekerja yang melakukan inokulasi harus selalu dalam kondisi bersih dan steril. Dalam skala usaha pembibitan yang sudah maju, biasanya sudah diterapkan aturan bagi para pekerja untuk selalu menggunakan tutup kepala, penutup mulut, dan sarung tangan karet saat melakukan inokulasi.

Cara inokulasi (pemberian bibit) adalah menyiapkan batang pengaduk besi ukuran 15-20 cm, disemprot dengan alkohol, lalu dibakar menggunakan lampu spiritus.

DSC_0100

 

Setelah beberapa saat, batang pengaduk digunakan untuk mengaduk bibit agar mudah dituang.

DSC_0112

 

Buka penutup kapas pada cincin, lalu tuang bibit ke dalam bagian atas baglog melalui lubang cincin.

DSC_0128

 

Setelah diinokulasi, media ditutup kembali menggunakan kapas dengan rapat.

DSC_0117

DSC_0118

 

Banyaknya bibit yang disemaikan dalam media tanam kurang lebih 2%. Baglog yang telah selesai diinokulasi diangkut ke tempat inkubasi. (ss)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *