Mengenal Tanaman Kara

Image may contain: plant and textKara atau di Jawa Barat disebut roay adalah tanaman yang berumur panjang (lebih dari dua tahun).  Kara mudah dibedakan dengan kacang-kacangan lainnya.  Tanaman tersebut berbentuk perdu dan bersifat membelit (memanjat).  Warna daun kara hijau, sedangkan bunga kara putih kebiruan.

Buah kara berwarna putih kekuning-kuninga serta aromanya langu, tetapi segar.  Perbedaan aroma pada polong kacang ini disebabkan kandungan asam biru (racun) yang tertinggi terdapat pada kara.  Polongnya pipih dan berparuh walaupun ada pula yang agak gilig mirip buncis.

Buah kara mengandung asam sianida (HCN) yang bersifat racun, tetapi kadarnya rendah.  Kara tidak membahayakan kesehatan manusia asal direbus dahulu sebelum dimakan.  Akan tetapi, tanaman kara beracun bagi ternak kambing.

Kara termasuk dalam subfamili Papilionaceae (Famili Leguminosae).  Secara garis besar kara dapat dibagi menjadi dua golongan ialah kara hijau atau kratok (Phaseolus lunatus L.)  dan kara putih atau komak (Delichos lablab L.).  (HS/FAN).

 

Sumber : Buku “Bertanam Sayuran Buah 20 Sayuran Komersial”

Penulis  : Hendro Sunarjono dan Febriani Ai Nurrohmah

 

Artikel Sebelumnya         : Cara Pemeliharaan dan Pemanenan Tanaman Buncis

Artikel Selengkapnya      : Bertanam Sayuran Buah

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *