Mengenal Morfologi Singkat Kacang Buncis

Image result for phaseolus vulgaris l

Kacang buncis merupakan sayuran polong semusim yang merambat.  Kacang buncis termasuk salah satu tanaman hortikultura yang penting.  Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan sebagai sayuran.  Buncis termasuk salah satu sayuran yang kaya akan protein dan vitamin.  Kemampuan bersimbiosis dengan bakteri penambat nitrogen bebas tidak sebaik kacang panjang.

Tanaman

Buncis memiliki akar tunggang dan serabut, mampu tumbuh hingga kedalaman 1 m.  Akar tanaman berwarna kuning kotor.  Batangnya berbentuk bulat, lunak, sifatnya merambat, dan bercabang banyak hingga tampak rimbun.  Tanaman membengkok dan beruas-ruas memiliki bulu-bulu halus.

Daun

Daun berbentuk oval dengan ujung daun yang meruncing dan bagian tepi daun merata.  Dasunnya memiliki bulu-bulu halus.  Posisi daun tegak tapi agak mendatar, bertangkai pendek, dan dan disetiap cabang memiliki tiga dau menyirip yang posisinya saing berhadapan.

Polong

Berbentuk pipih lebar dengan ukuran panjang ±20 cm, bulat lurus dan pendek dengan ukuran 12 cm, dan bulat panjang dengan ukuran ±15 cm.  Jumlah biji per polong 5-14 biji.

Bunga

Bunganya merupakan bunga sempurna, yaitu tanaman yang berkelamin ganda (hermaprodit).  Ukurannya kecil ±1 cm.  Bunga tumbuh di cabang yang masih muda atau pucuk – pucuk muda (HS/FAN).

 

Sumber : Buku “Bertanam Sayuran Buah 20 Sayuran Komersial”

Penulis  : Hendro Sunarjono dan Febriani Ai Nurrohmah

 

Artikel Sebelumnya         : Cara Mudah Tanam Kacang Panjang Hingga Panen

Artikel Selengkapnya      : Bertanam Sayuran Buah

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *