Mengenal Kacang Panjang dan Jenisnya

Mengenal Kacang Panjang dan Jenisnya

Kacang panjang (Vigna sinensis L. Savi ex Hass) merupakan tanaman sayuran famili Leguminosa.  Kacang panjang memiliki nilai ekonomi tinggi karena dijadikan bahan pangan.  Di Indonesia, tanaman kacang panjang sudah lama dikenal dan ditanam oleh petani.  Penanaman umumnya hanya dilakukan di tegalan dan pematang sawah sebagai tanaman selingan.

Jenis

Ada dua golongan kacang panjang yang mempunyai perbedaan menyolok, yaitu kacang panjang (membelit) dan kacang panjang tolo (tidak membelit).  Kacang panjang tidak membelit tidak membutuhkan lanjaran karena buahnya terkumpul di bawah dekat tanah.

Jenis kacang panjang tanpa lanjaran ini  merupakan bastar (hibrida).  Kacang panjang ini dicirikan dengan daunnya berbulu halus dan polongnya halus lemas karena tidak begitu berserat.

Golongan kacang panjang terdiri atas tiga tipe, yaitu kacang lanjaran biasa, kacang usus, dan kacang busitao.  Sementara itu, golongan kacang panjang yang tidak membelit ialah kacang tolo.  Tanaman kacang polo tidak butuh lanjaran.  Tipe yang termasuk dalam kacang tolo, yaitu kacang tolo (Vigna unguiculata) atau kacang tunggak dan kacang uci yang dikenal dengan nama kacang endel. (HS/FAN).

 

Sumber : Buku “Bertanam Sayuran Buah 20 Sayuran Komersial”

Penulis  : Hendro Sunarjono dan Febriani Ai Nurrohmah

 

Artikel Sebelumnya         : Manfaat Oyong

Artikel Selengkapnya      : Bertanam Sayuran Buah

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *