Mengenal Jenis Mentimun

Mengenal Jenis Mentimun

Mentimun dibagi ke dalam dua golongan.  Yaitu mentimun yang buahnya berbintik-bintik dan mentimun yang buahnya halus (tidak berbintik).

  1. Mentimun yang buahnya berbintik. Dibedakan tiga jenis, yaitu:
  • Mentimun biasa : Penampilan kulit buahnya tipis, lunak dan masih muda buahnya berwarna hijau keputih-putihan, setelah tua  berwarna cokelat.  Mentimun jenis ini banyak ditanami oleh petani.
  • Mentimun Watang : Kulit buah mentimun jenis ini kulitnya tebal dan agak keras.  Saat buahnya masih muda berwarna hijau keputih-putihan dan setelah buah masak (tua) berbuah menjadi kuning tua.
  • Mentimun Wuku : Buahnya kecil berbentuk  bulat panjang dan kulit buahnya agak tebal.  Saat masih muda buahnya berwarna kuning kecoklatan dan setelah tua menjadi cokelat tua.

 

  1. Mentimun yang buahnya halus (tidak berbintik) terdapat dua jenis :

 

  • Mentimun Krei : Mentimun krei memiliki bentuk seperti mentimun pada umumnya.  Hanya buahnya agak kecil dengan daging buah yang lebih tebal.  Buahnya yang masih muda berwarna hijau tua dan bergaris-garus putih.
  • Mentimun Suri :  Memiliki ciri-ciri ukuran buahnya besar, berbentuk lonjong, rasanya manis renyah, dan biasanya dipanen saat buah tua/masak (Wijoyo, 2012).

Di Jawa Barat, mentimun suri dikenal sebagai mentimun puan. (W/BS).

 

Sumber : Buku “BERTANAM MENTIMUN Dimusim Kemarau & Musim Hujan”

Penulis  : Warsana, SP., M.Si dan Ir. Budi Samadi

 

Artikel Sebelumnya        : Morfologi Mentimun

Artikel Selengkapnya     : Bertanam Mentimun

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *