Manfaat dan Cara Bertanam Labu Siam

Image may contain: foodLabu siam (Sechium edule Sw.) termasuk tanaman berumur panjang (lebih dari dua tahun) dengan sifat merambat .  Sayuran buah yang memiliki nama lokal gambas (Jawa Barat) dan waluh jipang (Jawa Tengah) ini hampir digemari setiap oramh karena rasanya enak dan dingin.  Selain itu, tanaman ini mengandung vitamin A, vitamin B, dan sedikit vitamin C.

Manfaat

Buah labu siam dapat disayur atau dilalap masak.  Daun-daun yang masih muda pun dapat di sayur.  Buah labu siam yang telah diiris kecil untuk sayur akan terasa kaku.  Oleh karena itu, labu siam ditambahkan sedikit garam dan diremas – remas dengan tangan agar lemas.

Cara Tanam

Labu siam dapat ditanami di dataran rendah maupun dataran tinggi .  Tanaman labu siam cocok tumbuh di tempat yang berhawa sejuk dan lembap (pegunungan).  Syarat yang penting agar tanaman tumbuh ialah tanahnya subur,  gembur, pH tanah sebaiknya antara 5-6, dan air cukup tersedia.  Namun, tanah tidak boleh becek.  Waktu tanam yang baik adalah pada akhir musim hujan, tetapi saat musim kemarau pun dapat ditanam asalkan diberi air secukupnya.

Labu siam dikembangbiakkan dengan buahnya yang telah tua.  Buah tersebut disimpan terlebih dahulu di tempat yang agak teduh supaya tunasnya tumbuh.  Setelah panjang tunas kira-kira 10-20 cm (berdaun 3-4 helai), bibit tersebut dipindahkan ke kebun.

Lubang tanam yang dibuat dengan ukuran 0 cm x 50 cm dan dalam 40 cm.  Jarak antarlubang 3 m dan antarbaris 5 m.  Lubang diisi pupuk kandnag atau kompos matang sebanyak 3-5 kg.  Setiap lubang tanam ditanami satu buah bibit, lalu tutup dengan tanah tipis – tipis sampai rata.  Jika tinggi tanaman sudah mencapai 50 cm, dibuatkan para-para dari bambu dengan tinggi 1,5 – 2m.  Tanaman sudah mulai berbungan betina setelah dua bulan dari waktu tanam.  Umumnya bunga tersebut dapat menjadi buah.  Tanaman yang sudah berumur satu bulan diberi pupuk buatan berupa urea 10 g dan TSP 15 g per tanaman.  Pupuk diberikan di sekeliling batang sejauh 5 cm. (HS/FAN).

Sumber : Buku “Bertanam Sayuran Buah 20 Sayuran Komersial”

Penulis  : Hendro Sunarjono dan Febriani Ai Nurrohmah

 

Artikel Sebelumnya         : Cara Tanam, Pemeliharaan dan Pemanenan Sayur Pare

Artikel Selengkapnya      : Bertanam Sayuran Buah

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *