Kini Petani Bisa Curhat Masalah Pertanian via Aplikasi

Kini Petani Bisa Curhat Masalah Pertanian via Aplikasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal memperkenalkan sebuah aplikasi digital untuk memudahkan para petani untuk berkonsultasi pada para penyuluh.

Aplikasi ini masuk dalam rangkaian program yang diluncurkan pemerintah bertajuk sinergi aksi untuk ekonomi rakyat yang secara langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah, Senin (11/4/2016).

Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, dengan aplikasi ini para petani diajak untuk melek teknologi. Selama ini, penyuluhan bagi petani dilakukan dengan terbatas atau dalam artian ada waktu-waktu tertentu untuk berkonsultasi dengan para penyuluh.

“Satu lagi aplikasi yang bisa memberi complimentary terhadap penyuluhan pertanian. Dengan aplikasi yang ada dia bisa 24 jam,” kata Rudiantara.

Dia mengatakatan, penyuluh yang ada di akun tersebut tak hanya satu. Dan umumnya merupakan para ahli dalam bidangnya, bahkan ada yang berlatarbelakang doktoral. Ada 116 ribu akun anggota dari penyuluh pertanian.

Petani bebas mengajukan pertanyaan pada para penyuluh terkait pertanian. Jika diibaratkan, aplikasi ini seperti kaskus namun diberi nama aplikasi petani.

“Di kita ada relawan TIK. Ini akan didorong bagaimana petani ini, tidak harus petaninya, tapi anaknya yang memiliki ponsel bisa melakukannya,” ujar dia.

Sumber

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *