Khasiat Buah Tin

Khasiat Buah Tin

Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman dalam Surat At-Tin ayat 1:

“Demi (buah) tin dan (buah) zaitun.”

Lalu, apakah Anda sudah mengenal buah tin ?

Buah tin memiliki nama latin Ficus carica L., buah ini berasal dari Asia Barat. Nama lainnya buah ara yang dihasilkan oleh pohon ara. Pohon ini masih termasuk kerabat pohon beringin. Di Indonesia, buah ini memang belum se-populer jeruk, apel, jambu dan lainnya. Namun di beberapa tempat, buah tin sudah banyak dibudidayakan, mengingat begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh buah ini, khususnya manfaat untuk kesehatan.

Menurut beberapa literatur, buah ini banyak mengandung molekul gula, vitamin dan juga mineral. Biasanya buah ini digunakan sebagai campuran dalam produksi susu. Orang Arab biasanya merebus daun pohon tin untuk dijadikan obat pereda rasa sakit ketika menstruasi. Sedangkan di Indonesia, umumnya orang-orang terbiasa memanfaatkan kurkumin yang terkandung dalam kunyit asam maupun temulawak. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk kesehatan.

Khasiat yang dimiliki buah tin berasal dari kandungan zat gizinya di antaranya protein, mineral, vitamin, zat besi, dan kalsium. Berikut ini beberapa khasiat buah tin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh:

Anti Bakteri

Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan.

Pembentukan Sel Darah Merah

Buah tin mengandung zat besi, zat besi merupakan salah satu komponen penyusun hemoglobin, hemoglobin merupakan salah satu komponen penyusun sel darah merah. Dengan demikian, buah tin bermanfaat untuk memicu pembentukan sel darah merah, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi para penderita anemia (khususnya anemia gizi besi). Selain itu, peningkatan darah merah juga dapat mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

Mengobati Wasir

Tidak hanya buah pepaya saja yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Seperti kita ketahui bersama bahwa kandungan serat (dietary fiber) lah yang berperan dalam hal ini.

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 dan kalium yang ada dalam buah tin mampu mencegah terjadinya jantung koroner. Sebagai informasi tambahan, buah yang mengandung tinggi kalium adalah pisang. Di rumah sakit, buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Mencegah Keropos Tulang

Buah tin mengandung kalsium yang sama seperti susu sehingga dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang, serta bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.

Mencegah Asam Urat

Salah satu penyebab terjadinya penyakit asam urat pada seseorang adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin. Menurut beberapa para ahli, buah tin dapat mencegah timbulnya asam urat.

Mencegah Kanker Usus Besar

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 100 g buah tin mengandung 20% kebutuhan serat harian tubuh kita. Kandungan dietary fiber inilah yang berperan dalam mencegah timbulnya penyakit kanker kolon. Serat pangan dapat membantu mempersingkat transit zat sisa pencernaan yang harus segera dikeluarkan dari tubuh. Apabila terlalu lama disimpan maka lama kelamaan bisa mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Hal ini merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit wasir dan juga apabila zat sisa pencernaan terlalu lama disimpan maka akan terjadi pembusukan oleh bakteri dalam kolon, hal inilah pemicu terjadinya kanker kolon.

Mencegah Risiko Kanker Prostat

Di dalam buah tin juga mengandung coumarin yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker prostat.

Itulah beberapa khasiat yang dimiliki buah tin. Masih ada beberapa khasiat lain di antaranya pengganti susu bagi penderita lactose intolerance (orang yang tidak bisa mengonsumsi susu karena tidak atau sedikit memiliki laktase, enzim pemecah laktosa menjadi gula sederhana), mencegah insomnia, mengurangi kolesterol, penangkal tumor, mengontrol gula darah, mengobati luka, perawatan kulit wajah, membantu diet (mengontrol berat badan karena kandungan serat dalam buah tin), pengganti gula, obat usus dan lambung, menjaga kesuburan, serta mengatasi encok.

MasyaAllah begitu banyak khasiat atau manfaat yang dimiliki oleh buah tin, barangkali ini menjadi salah satu alasan mengapa nama buah tin tercatat dalam Al-Qur’an. Kemungkinan masih banyak manfaat buah tin yang belum ditemukan oleh para ahli.

Semoga bermanfaat. (rm)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *