Keutamaan Menyantuni Yatim

Harta merupakan satu tuntutan kebutuhan pokok manusia untuk hidup di setiap tempat. Kemasyhurannya telah menenggelamkan seluruh penjuru dunia. Kedudukan harta sangatlah tinggi di hati manusia, menjadi sesuatu yang sangat dicintai dan berharga bagi mereka. Tapi tahukah Anda bahwa harta bisa menjadi fitnah besar yang melanda manusia ?

Firman Allah SWT,

“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS. Al-Anfaal [8]: 28)

Tentang bahaya fitnah harta ini terhadap umat Islam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan dalam sabdanya,

“Sesungguhnya setiap umat mendapatkan fitnah dan fitnah umat ini adalah harta.” (HR. At-Tirmidzi dalam sunannya kitab Az-Zuhd).

Menyikapi hal tersebut, sudah seharusnya manusia khususnya umat Islam bijak dalam mengendalikan kecintaannya terhadap harta dunia.

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. al-Bukhari no. 4998 dan 5659)

Berdasarkan hadits tersebut terdapat beberapa faidah di antaranya orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, arti ‘menanggung anak yatim’ adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh, dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar. Imam Bukhari mencantumkan hadits tersebut dalam bab keutamaan orang yang mengasuh anak yatim. Hadits ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang menyantuni anak yatim.

Bagi Anda yang berniat untuk menyantuni anak yatim namun belum tahu siapa yatim yang akan disantuni atau Anda belum mempunyai koneksi yang dapat menghubungkan Anda dengan anak yatim, Daqu Agrotechno berinisiatif untuk memfasilitasi penyaluran dana dari donatur untuk disalurkan ke yatim dan dhuafa di wilayah Indonesia. Realisasi inisiatif ini berupa pelaksanaan program sedekah beras sehat untuk yatim dan dhuafa. Berikut ini rekam jejak kegiatan yang telah kami lakukan dalam salah satu program unggulan ini.

(09/13/2016) Bogor – Beberapa sasaran penerima manfaat sedekah beras sehat untuk yatim dan dhuafa berfoto setelah menerima bantuan sedekah beras sehat dari donatur yang bekerjasama dengan Daqu Agrotechno dan PPPA Bogor.

(09/13/2016) Bogor – Beberapa sasaran penerima manfaat sedekah beras sehat untuk yatim dan dhuafa berfoto setelah menerima bantuan sedekah beras sehat dari donatur yang bekerjasama dengan Daqu Agrotechno dan PPPA Bogor.

Apabila Anda tergerak dan berniat untuk menjadi donatur dalam program ini dapat menghubungi kami di 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut.

Mari menebar manfaat bersama Daqu Agrotechno (:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *